MUDAH DAN PRAKTIS! IKUTI TAHAPAN PEMASANGAN DINDING PARTISI GYPSUM

Dalam dunia konstruksi dan desain interior, pemasangan dinding partisi gypsum telah menjadi opsi yang populer dan diakui. Hal ini disebabkan karena kemudahannya dan hasil akhir yang memuaskan. Dinding partisi gypsum tidak hanya memungkinkan untuk membagi ruangan dengan cepat dan efisien, tetapi juga menawarkan kemungkinan untuk menciptakan tampilan interior yang bersih, modern, dan menarik. Pada artikel ini, BLKP akan membahas tahapan-tahapan yang perlu Anda ikuti untuk memasang dinding partisi gypsum dengan mudah dan praktis.

 

Mengenal Lebih Jauh Tentang Dinding Partisi Gypsum

dinding partisi gypsum

Sumber: d&b drywall

 

Dinding partisi gypsum atau biasa juga dikenal dengan sebutan drywall adalah jenis dinding penyekat yang sering digunakan dalam konstruksi bangunan komersial dan perkantoran. Namun, selain fungsinya sebagai pembatas ruangan, kini partisi gypsum juga semakin populer dalam menghias interior rumah.

 

Partisi gypsum telah menjadi pilihan yang tepat karena keunggulannya yang banyak. Material gypsum memberikan fleksibilitas yang tinggi dalam desain, sehingga dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan ruang. Tak hanya itu, penggunaan partisi gypsum juga bisa menjadi solusi praktis untuk apartemen, menawarkan fleksibilitas dalam membagi ruang tanpa mengorbankan estetika.

 

Alasan Memilih Dinding Partisi Gypsum Dalam Interior Bangunan

Ingin mengetahui lebih lanjut mengapa dinding partisi gypsum menjadi pilihan yang menarik? Berikut adalah beberapa alasan yang mungkin membuat Anda mempertimbangkan pemasangan dinding partisi gypsum:

 

Kemudahan Pemasangan

Proses pemasangan partisi gypsum relatif cepat dan sederhana, menghemat waktu dan tenaga dalam proyek konstruksi.

 

Fleksibilitas Desain

Material gypsum dapat dibentuk menjadi berbagai desain dan model, memberikan kebebasan dalam menciptakan tampilan yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan ruangan.

 

Kualitas Akustik

Dinding partisi gypsum memiliki kemampuan untuk meredam suara, menciptakan lingkungan yang lebih tenang dan nyaman, terutama dalam lingkungan perkantoran atau apartemen yang padat.

 

Daya Tahan

Gypsum dikenal karena kekuatannya dan ketahanannya terhadap benturan, memberikan perlindungan yang andal terhadap dinding dan struktur bangunan.

 

Ramah Lingkungan

Material gypsum umumnya ramah lingkungan dan dapat didaur ulang, mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

 

Jenis Partisi Dinding Gypsum 

Terdapat beberapa jenis partisi dinding gypsum yang umum digunakan:

 

Partisi Dinding Gypsum Satu Muka

Partisi ini terdiri dari rangka partisi dan gypsum yang digunakan untuk menutup permukaan dinding dari bahan seperti bata. Partisi satu muka ini sering digunakan untuk membentuk dinding penyekat yang memisahkan ruangan.

 

Partisi Dinding Gypsum Dua Muka

Partisi ini lebih kompleks, terdiri dari bagian gypsum, rangka, partisi, dan gypsum. Cocok digunakan sebagai dinding penyekat antar ruang, partisi dua muka ini memberikan fleksibilitas dan kekuatan tambahan dalam membagi ruang.

 

Baca Juga: 4 Interior Unik Ruang Tamu Lesehan Ini Wajib Anda Coba!

 

Alat yang Diperlukan untuk Memasang Dinding Partisi Gypsum

partisi dinding gypsum

Sumber: Pinterest

 

Salah satu keunggulan utama dalam menggunakan gypsum sebagai bahan konstruksi adalah kemudahan pemasangannya. Jika Anda tertarik untuk mencoba memasang gypsum sendiri, berikut adalah beberapa peralatan yang perlu Anda siapkan

 

Alat

  1. Bor battery

  2. Gunting

  3. Tang

  4. Martil

  5. Mur battery

  6. Pensil

  7. Sekrup

  8. Tali atau waterpass agar dinding tidak miring dan mudah melakukan pemasangan

 

Bahan

  1. Hollow galvalum dengan lebar 8 cm, ketebalan 0,2 mm 

  2. Gypsum

 

 

Tahapan Pemasangan Dinding Partisi Gypsum

Berikut tahapan pemasangan dinding partisi gypsum:

 

Sumber: youtube/ Dunia Plafon

 

  1. Lakukan pengukuran terlebih dahulu untuk mengukur lebar dan tinggi dari suatu ruangan, lalu tandai dengan titik-titik pada langit-langit, lantai maupun dinding yang akan dipasang dengan partisi atau dinding gypsum. 

  2. Sesuaikan dengan hollow galvalume berdasarkan pengukuran yang sudah dilakukan antara jarak langit-langit, dinding ataupun lantai

Sumber: youtube/ Dunia Plafon

 

  1. Lakukan pemotongan pada hollow galvalume dengan menggunakan gunting, dan juga tang. Sesuaikan dan kreasikan berdasarkan bentuk dari ruangannya.

 

Sumber: youtube/ Dunia Plafon

 

  1. Bor hollow galvalume secara horizontal ke bagian atas langit-langit dengan menggunakan sekrup.

  2. Sebelum melakukan pemasangan hollow galvalume secara vertikal gunakan waterpass ataupun tali untuk memastikan hasilnya lurus dan tidak miring.

 

Sumber: youtube/ Dunia Plafon

 

  1. Kemudian pasang hollow galvalume secara vertikal dengan jarak masing-masing antar hollow 60 cm sebagai pondasi untuk pemasangan partisi gypsum dinding

 

Sumber: youtube/ Dunia Plafon

 

  1. Pasang hollow galvalume secara vertikal dengan menggunakan bor agar saling menempel dengan bagian atas

  2. Lakukan pemotongan gypsum, sesuaikan dengan ukuran ruangan untuk diaplikasikan sebagai dinding ataupun partisi

 

Sumber: youtube/ Dunia Plafon

 

  1. Kemudian pasang papan gypsum, ditempel dengan menggunakan bor

  2. Lakukan pemasangan secara perlahan pada kedua sisi rangka secara teratur, dimulai dari salah satu sisinya. untuk menghasilkan dinding partisi yang presisi

  3. Kemudian Anda dapat memasang instalasi listrik, telepon, atau kelengkapan lainnya. Jika Anda ingin ruangan Anda bisa kedap udara, Anda bisa pasang juga material peredam.

  4. Merapikan kabel-kabel instalasi dengan cara mengikatnya.

  5. Setelah selesai proses instalasi, Anda dapat memasang papan gypsum di sisi sebaliknya. Sehingga, instalasi tersebut akan tertutupi dengan papan gypsum.

  6. Setelah itu, tempel dan rekatkan textile tap pada setiap sambungan antara gypsum 1 dengan gypsum lainnya, gunakan juga compound pada sambungan tersebut di bagian kepala sekrup gypsum.

  7. Setelah itu, haluskan bagian-bagian tersebut menggunakan amplas.

  8. Tahap finishing bisa Anda lakukan dengan menggunakan cat atau bahan pelapis lainnya.


 

Baca juga: Antimainstream! Ide Cat Dinding Geometris yang Tak Monoton


 

Penutup

Pemasangan dinding partisi gypsum telah menjadi pilihan populer dalam konstruksi dan desain interior. Kelebihannya, seperti kemudahan pemasangan dan tampilan akhir yang menarik, menjadikannya solusi praktis untuk membagi ruangan. 

 

Untuk alasan kepraktisan, gunakan bahan partisi gypsum yang berkualitas, termasuk material bangunannya seperti hollow dan barang jadi baja ringan dengan mutu terjamin dari BLKP. BLKP sebagai distributor baja ringan terkemuka siap menghadirkan baja ringan dengan mutu terjamin karena sudah ber-SNI, ISO 9001-2015, dan memiliki sertifikasi IQNET.

 

Tertarik membeli hollow baja ringan? Silahkan hubungi Tim BLKP untuk informasi selengkapnya. Semoga artikel ini bermanfaat.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..