PERBANDINGAN HARGA KAYU DAN BAJA RINGAN, LEBIH MURAH MANA?

Apabila Anda sedang merencanakan pembangunan atau renovasi rumah dalam waktu dekat ini, pastinya Anda sudah memperhitungkan biaya bahan baku serta ongkosnya. Termasuk dalam membuat rangka atap rumah. Walaupun Anda sudah membuat rincian anggaran dengan tepat, namun Anda juga harus cermat dalam menentukan material seperti apa yang akan dipakai agar dapat tahan lama hingga puluhan tahun.
 

Kebanyakan material bangunan yang dipilih dalam pembuatan rangka atap yaitu kayu. Memang tidak ada salahnya dalam memilih rangka kayu, namun Anda juga perlu mencermati rata-rata usia pemakaian rangka kayu hanya sekitar 15 tahun. Jika rangka kayu terkena serangan rayap dan mengalami keropos, maka usia pemakaiannya bisa kurang dari 15 tahun.
 

Oleh sebab itu, sudah saatnya Anda beralih mengganti rangka atap kayu dengan baja ringan. Namun, jika Anda masih bimbang akan keputusan tersebut, Anda bisa simak penjelasan di bawah ini.
 

Perbandingan Baja Ringan Dengan Rangka Kayu

Berikut ini adalah beberapa perbandingan antara material baja ringan dengan material kayu:

 

  1. Faktor Lingkungan
    Perbandingan Harga Kayu dan Baja Ringan, Lebih Murah Mana?

Atap baja ringan dengan rangka kayu memiliki perbedaan dalam segi lingkungan. Material rangka kayu yang terbuat dari kayu sudah dipastikan diambil dari hutan-hutan yang ada di dunia. Hal ini berdampak pada menipisnya persediaan pohon karena kayu membutuhkan waktu yang lama untuk dapat tumbuh besar.
 

Selain itu, material baja ringan terbuat dari percampuran antara besi dan logam yang diproses menggunakan mesin agar menghasilkan bentuk berupa tiang-tiang baja ringan yang sudah didukung berdasarkan SNI. Jika dilihat dampaknya dalam segi lingkungan, material kayu bisa mencemari lingkungan sedangkan baja ringan dapat didaur ulang.

 

  1. Dari Segi Kekuatan
    Perbandingan Harga Kayu dan Baja Ringan, Lebih Murah Mana?

Rangka kayu cenderung rentan terhadap rayap dan mudah keropos. Bagi Anda yang ingin menggunakan kayu, siap-siap harus merogoh kocek lebih dalam untuk memilih kayu yang anti rayap. Namun, jika Anda ingin menghemat pengeluaran, disarankan untuk menggunakan baja ringan. Dikarenakan baja ringan tahan terhadap rayap dan tahan terhadap karat.

 

  1. Dari Segi Kualitas
    Perbandingan Harga Kayu dan Baja Ringan, Lebih Murah Mana?

Kualitas sangat mempengaruhi umur pakai pada material yang Anda pilih. Seperti rangka kayu yang tidak tahan terhadap rayap, dimana rangka kayu hanya dapat bertahan sekitar 15-20 tahun, itupun jika dilakukan perawatan secara rutin. Sedangkan baja ringan dapat bertahan hingga 50 tahun.

 

  1. Dalam Segi Perawatan Material
    Perbandingan Harga Kayu dan Baja Ringan, Lebih Murah Mana?

Dalam hal ini, rangka baja ringan bisa dibilang hampir tidak memerlukan perawatan yang rutin karena sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi, seperti tahan terhadap karat, tidak mudah keropos dan tahan terhadap rayap.
 

Sedangkan rangka kayu harus memerlukan perawatan secara rutin untuk memberikan cairan anti rayap pada lubang-lubang pondasi setiap 3-5 tahun sekali untuk menghindari serangan rayap yang menyebabkan kayu mudah keropos.

 

  1. Dari Segi Harga
    Perbandingan Harga Kayu dan Baja Ringan, Lebih Murah Mana?

Untuk mengetahui perbandingan harga kayu dan baja ringan, Anda harus survey terlebih dahulu bagaimana harganya dipasaran. Jika menghitung harga rangka kayu dengan rangka baja ringan di wilayah kota-kota besar, maka harga rangka baja ringan lebih murah dibandingkan dengan rangka kayu. Hal ini disebabkan karena rangka baja ringan lebih mudah dicari dibandingkan dengan rangka kayu, sehingga harga rangka kayu di wilayah perkotaan jauh lebih mahal.
 

Untuk estimasi harga rangka baja ringan jenis Truss C75 berkisar antara Rp 75.000 hingga Rp 130.000 per meter persegi. Sedangkan harga rangka kayu bisa mencapai Rp 2.000.000 per meter persegi. Dilihat dari kisaran harga tersebut, sudah terbukti kan mana yang lebih murah.
 

Baca Juga : Ini Dia Estimasi Harga Baja Ringan 2022 Terbaru
 

Lama pemasangan rangka atap juga mempengaruhi, lho! Umumnya, pemasangan rangka atap yang menggunakan baja ringan bisa dihabiskan hanya dalam tenggang waktu 3-4 hari, berbeda dengan pemasangan rangka kayu yang bisa memakan waktu selama satu minggu.
 

Kesimpulan

Material baja ringan memang dikenal menjadi salah satu solusi terbaik untuk konstruksi atap rumah dan dinding saat ini dibandingkan dengan kayu, sehingga tidak heran jika banyak orang mulai beralih menggunakan rangka baja ringan sebagai rangka atap rumahnya.
 

Material baja ringan yang sudah terjamin kualitasnya adalah produk BLKP. Produk yang dibuat sudah sesuai berdasarkan SNI dan juga memiliki durabilitas yang tinggi, sehingga sangat cocok diaplikasikan untuk rangka atap dan rangka dinding rumah Anda.
 

Ingin tampilan rumah Anda tetap estetik, namun dengan kualitas material yang aman, terbaik dan tahan lama? Pilih saja material rangka baja ringan dari BLKP!



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..