MAU BUAT RENCANA PONDASI? INI YANG PERLU ANDA KETAHUI

Rencana pondasi merupakan bagian terpenting dari kokohnya bangunan. Ketahui beberapa hal ini yang harus diperhatikan agar proses konstruksi berjalan dengan lancar.

 

Apa itu Rencana Pondasi?

 

Rencana pondasi adalah gambaran untuk menunjukkan bagian-bagian yang harus dikerjakan dalam pembuatan pondasi. Umumnya berisi rancangan yang menunjukkan letak dan ukuran pondasi, penempatan pilar, kolom, dinding pondasi, dan kebutuhan struktural lainnya.


 

Dalam setiap kegiatan konstruksi, khususnya yang dikerjakan secara profesional, bagian yang mengawali segala prosesnya adalah perencanaan. 


 

Proses perencanaan ini biasanya menghasilkan dokumen-dokumen yang menjelaskan secara teknis bagian-bagian bangunan mulai dari bentuk, jumlah dan ukuran atau dimensinya.


 

Dalam pembuatan pondasi, dokumen dari gambaran-gambaran tentang detail bagian yang dibutuhkan inilah yang disebut rencana pondasi. Sering disebut juga rancangan pondasi.


 

Ada dua dokumen yang umumnya dibuat perancang atau arsitek dalam membuat pondasi, yaitu rencana pondasi dan detail pondasi.


 

Rencana pondasi berisi gambar skema bentuk, jalur dan titik-titik pondasi dengan sudut pandang dari atas.

 

Contoh Gambar Rencana Pondasi

 

rencana pondasi

Pinterest: Walmart 

 

 

Sedangkan detail pondasi, berisi gambaran mendetail tentang jenis, ukuran, dan bahan material pengisi pondasi, serta bentuknya ketika dilihat secara melintang. 

 

Contoh Gambar Detail Pondasi

rencana pondasi

Pinterest: constructioncivilengineering.com

 

 

Pondasi memegang peranan yang penting dalam setiap bangunan. Terletak didalam tanah, pondasi harus mampu menjadi tumpuan beban bangunan ke tanah agar dapat berdiri kokoh. 

 

Apabila pondasinya kurang baik, bangunan tentunya mudah sekali roboh. Bahkan tanpa adanya gempa atau angin karena tidak mampu menahan bobotnya sendiri.

 

Alasan inilah yang membuat rencana pondasi perlu dibuat dengan sangat sistematis, memuat segala informasi yang detail dan cermat agar bisa jadi acuan dalam pembangunan proyek.

 

Mengenal Jenis Pondasi Berdasarkan Kedalamannya

rencana pondasi

 

Pondasi dalam menopang beban bangunan punya 1 prinsip utama yaitu harus sampai ke tanah keras. 

 

Apabila tidak menemukan tanah keras, maka harus ada rekayasa atau pengkondisian tanah atau perbaikan tanah, ataupun menggunakan teknik yang bisa menyesuaikannya.

 

Mengutip dari publikasi Yuningtyastuti Solikhati berjudul Pengertian Dan Jenis Pondasi yang terbit tahun 2011, hanya ada 2 jenis pondasi berdasarkan kedalamannya.

 

Pondasi Dangkal 

 

Jenis pondasi dangkal umumnya digunakan pada bangunan yang tidak terlalu berat atau tidak terlalu besar. Seperti pada rumah sederhana misalnya. 

 

Pondasi ini juga umum dipakai pada konstruksi yang memang sudah berada di atas tanah yang keras.

 

Teknik pondasi yang termasuk dalam jenis pondasi dangkal adalah: pondasi batu kali setempat, pondasi lajur batu kali, pondasi tapak atau pelat setempat (beton), pondasi lajur beton, pondasi strauss pile dan pondasi tiang pancang kayu.

 

Baca Juga : Mengenal Pondasi Tiang Pancang, Pondasi Favorit Gedung Bertingkat

 

Pondasi Dalam

 

Pondasi dalam adalah pondasi yang umum digunakan pada bangunan yang berdiri di atas tanah yang memiliki daya dukung lemah atau pada konstruksi dengan beban berat.

 

Pondasi dalam cocok digunakan untuk bangunan yang memiliki bentangan yang lumayan lebar (jarak antar kolom sekitar 6m) dan bangunan bertingkat. 

 

Teknik yang termasuk jenis pondasi dalam adalah: pondasi tiang pancang (beton, besi, pipa baja), pondasi sumuran, pondasi bore pile dan lain-lain.


 

Kesimpulan

 

Sekian informasi tentang rencana pondasi dan yang harus Anda ketahui.

 

Membuat rencana pondasi memang membutuhkan keilmuan dan pengalaman yang mumpuni.

 

Setidaknya seorang perancang harus mengetahui lokasi struktur dan kondisi tanah yang akan dibangun, memahami titik beban dari denah lantai, menyelaraskan garis besar dinding pondasi dengan penempatan kolom dan tiang.

 

Serta memahami perhitungan rumit dan detail dimensi dan jenis serta kebutuhan pondasi yang diperlukan.

 

Sangat disarankan jika Anda menggunakan jasa profesional karena pondasi sangat amat penting.

 

Tapi untuk memenuhi kebutuhan baja ringan untuk konstruksi Anda, itu mudah! BLKP tempatnya.

 

Hanya material baja ringan berkualitas yang diproduksi oleh BLKP yang sudah terjamin kualitasnya karena sudah berstandar SNI dan ISO. 

 

Anda masih bimbang dan ingin bertanya? Jangan ragu untuk menghubungi kami melalui akun sosial media kami berikut ini : Hubungi Kami.

 

Ingin melihat katalog produk BLKP? Klik Disini.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..