Rumah Scandinavian 1 Lantai.jpg

MENGENAL KARAKTERISTIK & DESAIN RUMAH SCANDINAVIAN 1 LANTAI

 

Konsep rumah tidak selalu harus memiliki banyak detail atau terlihat mewah. Saat ini, banyak yang berlomba memiliki hunian simpel namun tetap menarik dan maksimal dalam hal fungsionalitas. 

 

Coba saja konsep desain rumah Scandinavian 1 lantai. Desain yang satu ini mengutamakan sisi fungsional dengan tampilan minim ornamen dekoratif.

 

Sekilas mungkin mirip dengan desain minimalis, namun ada beberapa perbedaan di dalamnya.

 

Baca Juga: Penyuka Style Vintage? Coba Desain Interior Shabby Chic

 

Desain ini berasal dari Eropa atau dengan nama gaya negara Nordic, seperti Denmark, Islandia dan Swedia yang terkenal dengan kesederhanaan namun tetap memberikan sentuhan modern pada eksterior dan interior bangunan.

 

Menarik bukan?

 

Nah, jika Anda berminat memiliki hunian Scandinavian, ada baiknya memahami ciri khas dan desain rumah scandinavian berikut ini.

 

Rumah Scandinavian 1 Lantai

 

metricon.com.au

 

Bangunan rumah Skandinavia sebelumnya dengan material kayu dan perabot rumah seperlunya, karena budaya Eropa lebih mengutamakan sisi fungsionalitas dari bangunan, khususnya dalam hal interior.

 

Sejatinya, konsep interior Scandinavian memiliki karakteristik yang mudah diaplikasikan. Apa saja? Ini ciri khas desain Scandinavian!

 

 

Gunakan Elemen Kayu

 

Salah satu keunikan khas Scandinavian adalah elemen kayu yang mendominasi. Baik untuk fasad hingga furnitur yang digunakan.

 

Warna material kayu yang hangat dan membuat suasana nyaman. Akan tetapi, biasanya dipadukan dengan warna terang yang menjadikan ruangan tampil outstanding.

 

 

Penggunaan Warna Dasar dan Natural

 

Aplikasi warna natural seperti krem, putih gading, dan pastel yang lembut, terinspirasi dari alam menjadi warna yang kerap digunakan untuk rumah atau bangunan konsep ini.

 

Akan tetapi, warna putih menjadi yang paling sering digunakan karena dapat menciptakan sisi alami ruangan. Baik interior atau fasad rumah Scandinavian.

 

Kemudian dikombinasikan dengan nuansa cerah seperti biru, salem, kuning soft, dan warna lembut lainnya.

 

Rumah Scandinavian 1 Lantai

 

casaindonesia.com

 

 

Jendela Besar

 

Semua desain yang mengadopsi Scandinavian selalu memasukkan unsur alami termasuk cahaya dari matahari sebagai pencahayaan alami di rumah.

 

Itu sebabnya, rumah dengan gaya ini kerap menggunakan jendela ruangan yang besar. Jadi, tak hanya sinar matahari yang masuk dengan bebas, namun juga sirkulasi udara yang baik.

 

 

Memasukkan Unsur Alam

 

Karakter Skandinavia juga tidak jauh dari suasana alam yang menyegarkan. Jadi, hiasan tanaman hijau dapat menjadi pilihan melengkapi keindahan interior rumah.

 

Keindahan ruangan dalam rumah menjadi budaya dari masyarakat Skandinavia, di mana selama musim dingin mereka kerap menghiasi rumah dengan tanaman agar suasana rumah tetap indah dan asri.

 

Rumah Scandinavian 1 Lantai

 

houzz.com.au

 

 

Pilihan Furnitur Multifungsi

 

Gaya desain Scandinavian yang minimalis dari furniture, akan menggunakan furniture yang mudah dipindahkan, sesuai dengan fungsi dan kebutuhan penghuni.

 

Wajar jika ruangan akan lebih luas dan tidak penuh dengan barang-barang.

 

Selain itu, dari sisi aspek ruangan, Interior Scandinavian juga minim detail rumit.

 

Tetap terlihat rapi dan simpel dengan elemen dekoratif yang tidak akan berlebihan atau bisa dikatakan seperlunya saja.

 

 

Desain Fasad Rumah Scandinavian Lantai 1

 

Ingin membangun rumah 1 lantai dengan gaya Scandinavian? Ini beberapa inspirasi desainnya. 

 

Rumah Scandinavian 1 Lantai

 

giabaogroup.vn

 

 

Nyaman Dengan Konsep Terbuka

 

Memiliki rumah ala open space dengan konsep ini akan meninggalkan kesan nyaman yang dimulai dari bagian depan rumah.

 

Bermula dari keinginan untuk membuat rumah lebih lapang, menghasilkan konsep open space yang menarik untuk desain scandinavian. 

 

Hal ini juga mempengaruhi bagian fasad rumah. semakin indah dengan pemandangan taman di pekarangan, bagian teras dan ruang tamu yang terlihat tanpa banyak sekat.

 

 

Tampil Unik Dengan Khas Klasik

 

Ingin memiliki hunian bergaya klasik namun tetap simpel ala Scandinavian? Anda tetap bisa memilikinya.

 

Kental dengan konsep ini, namun tetap tampil klasik. Perpaduan warna cerah pada eksterior rumah dengan penggunaan bahan kayu plastik Komposit dengan finishing warna netral yang semakin menghadirkan aksen ala bangunan eropa klasik.

 

Tambahkan taman asri yang menghiasi pekarangan dan teras yang nyaman. 

 

 

Elemen Kayu Lebih Homey

 

Rumah Scandinavian 1 Lantai

 

skdomaks.ru

 

Fasad rumah Scandinavian yang terkesan natural akan lebih menawan dengan nuansa warna putih, ditambah elemen kayu pada eksterior rumah.

 

Anda juga bisa menggabungkan bata ekspos dengan kayu coklat muda pada bagian pintu dan gerbang.

 

Konsep earth tone akan membuat suasana nyaman dan menarik perhatian. Semakin memanjakan mata, dengan pemandangan rumah tanaman hias yang menyejukkan mata.

 

 

Material Kaca yang Menarik

 

Seperti yang disinggung di atas, rumah Scandinavian umumnya mempunyai pintu dan jendela yang berukuran besar, demi cahaya dan sirkulasi udara yang baik.

 

Coba ganti dengan material kaca yang semakin membuat interior rumah lebih estetik dan terkesan luas.

 

 

Kesimpulan

 

Desain Scandinavian 1 lantai menjadi konsep arsitektur yang menarik, yang bisa diterapkan untuk rumah.

 

Semoga bisa menjadikan inspirasi untuk rumah impian Anda ya!

 

Selain hadir dengan konsep desain yang menarik, pemilihan material untuk rumah yang sesuai standar keamanan struktur bangunan wajib diperhatikan.

 

Anda dapat menggunakan material bangunan berkualitas, seperti baja ringan dari BLKP.

 

BLKP menyediakan berbagai produk baja ringan yang bermutu dengan standarisasi SNI, ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna serta tersertifikasi TKDN 22 - 34981.  

 

Tertarik dengan produk BLKP? Silahkan: Hubungi Kami.

 



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..