rumah semi industrial.jpg

MAU PUNYA RUMAH SEMI INDUSTRIAL? COBA TIPS BERIKUT INI!

 

Ingin mencoba hunian dengan tampilan raw, namun tetap modern dan minimalis? Desain rumah semi industrial bisa jadi pilihan Anda. Rumah semi industrial menjadi salah satu pilihan yang cukup menarik bagi sebagian orang. Selain memberikan kesan yang unik, rumah desain ini juga memiliki kepraktisan yang tinggi.

 

Konsep rumah ala industrial memang lahir dari bangunan setengah jadi. Inspirasi berawal dari masa abad ke-20, dimana banyak gedung dan pabrik yang tidak selesai dibangun kemudian dialihkan menjadi hunian unfinished yang menarik dan unik. 

 

Akan tetapi, menghadirkan nuansa industrial dalam hunian tidak semudah yang dipikirkan. Anda perlu memperhatikan elemen dan ciri khasnya. 

 

 

Baca Juga: Ini Desain Rumah Industrial yang Anti Mainstream

 

 

Untuk itu, yuk simak tips dan ciri khas desain rumah semi industrial yang bisa Anda coba. 

 

 

Elemen Rumah Industrial

 

rumah semi industrial

 

 

Besi dan kayu pada furnitur

 

Gaya interior khas industrial selalu identik dengan besi dan kayu sebagai unsur furnitur dan bagian rangka rumah. 

 

Tekstur material ini menambah sentuhan unik dan mewah pada ruangan. Besi hitam kerap digunakan pada lampu, bagian lantai, kaki-kaki sofa dan meja serta bunk bed pada kamar tidur.  

 

Anda juga bisa menggunakan kayu dengan permukaan kasar atau logam yang berkilau. Tambahkan sentuhan warna netral, emas atau tembaga dalam menyuguhkan desain industrial dalam hunian Anda. Namun, Tak hanya besi, bisa juga menggunakan bahan baja, timah, atau metal lainnya. 

 

 

Bagian Rumah yang Terbuka

 

Penampakan pipa, balok hingga bagian Langit-langit yang terlihat jelas menjadi ciri khas umum interior industrial. Kesan struktural dan mekanik yang tampak menambah keunikan ruangan. 

 

 

Dinding

 

rumah semi industrial

 

Untuk bagian dinding, tampilan bata ekspos menjadi fitur yang mengesankan, dengan visual yang berbeda dari biasanya. Dinding bata ekspos kini banyak dihadirkan dalam gaya interior rumah semi industrial. 

 

Batu bata akan dibiarkan tanpa semen, bahkan dengan sentuhan warna cat alami. Walau demikian, masih banyak yang membiarkan dinding bata ekspos dengan tampilan warna bata asli tanpa cat tambahan. 

 

 

Warna

 

Soal pilihan warna, Anda bisa menggunakan hitam dan putih. Warna lebih gelap jadi identitas desain industrial. Aplikasikan juga warna pada beberapa furnitur atau dekorasi ruangan. 

 

 

Tips Membangun Rumah Semi Industrial 

 

rumah semi industrial

 

archello.com

 

Gunakan Konsep yang Tepat

 

Sebelum memulai proses pembangunan rumah berdesain semi industrial, tentukan konsep yang tepat terlebih dahulu. Rumah ini umumnya memiliki karakteristik ruangan yang terbuka dan terkesan kasar. Anda bisa memilih konsep modern dengan aksen industrial, atau konsep yang lebih klasik dengan bahan kayu dan logam.

 

 

Gunakan Material yang Sesuai

 

Material menjadi hal penting dalam pembangunan rumah desain industrial. Pilihlah material yang kuat dan tahan lama seperti baja, beton, kayu, atau besi.

 

Selain itu, perhatikan penempatan material di tiap bagian rumah. Seperti di dinding dengan material beton yang kasar atau bata ekspos, sedangkan untuk lantai dengan kayu atau pilihan material yang lebih halus.

 

 

Teras yang Menarik

 

rumah semi industrial

 

Teras bisa jadi bagian yang penting dalam rumah jenis ini. Buatlah teras yang menarik dengan pencahayaan tepat dan gunakan furnitur yang sesuai, seperti bangku kayu dan meja dari bahan besi.

 

 

Ruang Tamu Luas dan Terbuka

 

Ruangan dalam bangunan industrial lebih terbuka dan luas. Hal ini berlaku untuk bagian ruang tamu. Buatlah ruang tamu luas dan terbuka dengan furnitur yang minimalis dan fungsional seperti sofa bahan kulit atau kursi besi yang simpel namun tetap terkesan elegan.

 

 

Desain Kamar yang Nyaman

 

Kamar juga jadi bagian penting dalam sebuah rumah. Untuk desain kamar bernuansa industrial, Anda bisa aplikasikan material kayu dan besi untuk furnitur hingga dekorasi, sesuaikan dengan warna ruangan ya!

 

 

Tempatkan Furnitur yang Sesuai

 

rumah semi industrial

 

youtube.com

 

Furnitur yang sesuai dengan konsep rumah industrial, seperti kursi besi, meja kayu, atau rak buku dari pipa besi. Furnitur dari bahan kayu dan besi selalu berhasil menambah suasana industrial dalam interior Anda. 

 

 

Pilihlah Aksesori yang Sesuai

 

Aksesori dalam rumah industrial juga patut diperhatikan. Gunakan aksesori seperti jam dinding dari bahan besi atau aksesori dari kayu dan logam. Aksesori dari bahan tersebut akan menguatkan kesan industrial di rumah Anda.

 

 

Perhatikan Pencahayaan

 

rumah semi industrial

 

Pencahayaan jadi aspek penting dalam bangunan industrial. Pasalnya, desain industrial identik dengan warna maskulin gelap dan netral, sehingga dibutuhkan pencahayaan yang tepat di setiap ruangan. Anda dapat menggunakan lampu yang terbuat dari pipa besi atau lampu gantung yang terlihat simpel namun tetap menarik.

 

 

Buatlah Ruang Outdoor yang Menarik

 

Ruang outdoor dapat Anda tambahkan pada rumah industrial. Ruang outdoor yang menarik dengan material batu atau kayu sebagai lantai dan pilihlah furnitur yang sesuai seperti kursi besi atau bangku kayu. 

 

 

Ruang Makan yang Terpisah

 

rumah semi industrial

 

idealhome.co.uk

 

Ruang makan dan dapur dapat dibuat terpisah dari ruangan lain. Tambahkan meja kayu dan kursi besi yang simpel dan unik. 

 

 

Tambahkan Tanaman

 

Tanaman bisa memberikan kesan yang berbeda pada rumah industrial Anda. Tempatkan beberapa tanaman seperti monstera atau sansevieria demi kesan alami di sudut ruangan. Gunakan pot dari kayu atau keramik sesuai konsep rumah Anda.

 

 

Optimalkan Fungsi Tiap Ruangan

 

Terakhir, jangan lupakan soal fungsi tiap ruangan. Pastikan setiap ruangan memiliki fungsi yang jelas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilihlah furnitur yang minimalis namun fungsional untuk mengoptimalkan setiap ruangan dalam rumah Anda.

 

 

Kesimpulan

 

Itu dia ciri khas dan beberapa tips membangun rumah semi industrial yang bisa Anda terapkan. Perlu diingat, pembangunan rumah semi industrial tentunya butuh biaya yang cukup besar. 

 

Namun, dengan memperhatikan tips di atas, Anda bisa membuat rumah semi industrial yang unik dan menarik tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Semoga bermanfaat!

 

Apakah Anda sedang merencanakan merenovasi atau membangun rumah? pastikan memilih material bermutu tinggi, seperti produk baja ringan yang diproduksi oleh BLKP.

 

Di BLKP, terdapat beragam pilihan material baja ringan yang tidak perlu Anda ragukan lagi kualitasnya. Semua produknya sudah berstandar SNI,  memiliki ISO 9001-2015, uji lab ketahanan produk hingga 4 tahun garansi warna dan juga sudah tersertifikasi TKDN 22 – 34981. 

 

Tertarik dengan produk BLKP? Anda dapat Hubungi Kami.

 

***
Temukan juga beragam artikel menarik di BLKP tentang tips, desain hingga struktur bangunan.

 



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..