STRUKTUR RANGKA ATAP BAJA RINGAN PADA BANGUNAN DAN FUNGSINYA

Rangka atap adalah suatu komponen penting yang ada dalam suatu bangunan. Rangka atap berfungsi sebagai penopang tekanan atap dan menyalurkan tekanan bangunan ke struktur lainnya yang ada di bawahnya. Struktur ini mungkin jarang kita lihat karena tertutup genteng. Struktur ini sama penting nya dengan struktur - struktur lainnya yang ada pada bangunan untuk membangun bangunan yang berdiri kokoh.

Rangka atap juga memiliki struktur - struktur yang ada didalamnya, semua struktur - struktur di dalam rangka atap memiliki fungsi nya masing - masing. Berikut adalah struktur - struktur yang terdapat di dalam rangka atap :

Struktur -Struktur Yang Terdapat Pada Rangka Atap

  1. Kuda - Kuda
  2. Bracing / Pengakuh
  3. Reng
  4. Penutup atap
  5. Talang Jurai
  6. Rabung

 

Fungsi Dari Struktur Rangka Atap :

1.    Kuda Kuda

Kuda - Kuda memiliki fungsi yang sangat besar dalam pembuatan Rangka Atap. Fungsi dari kuda - kuda adalah menopang semua tekanan yang ada pada rangka atap dan langsung menyalurkannya ke struktur bangunan yang ada di bawah rangka atap. Posisi kuda - kuda ada diujung dan tengah rangka atap. Pada rangka stuktur baja ringan biasanya menggunakan truss / kanal C.

2.    Brancing / Pengakuh

Bracing / Pengakuh adalah struktur yang mengikat kuda - kuda satu dengan yang lainnya. Posisinya yang memanjang atau melintang seusai dengan panjang rangka atap yang dibangun. Biasanya bracing / pengakuh pada rangka baja ringan menggunakan truss / kanal C yang sama dengan kuda-kuda.

3.    Reng

Reng adalah struktur rangka atap yang letak posisi nya tepat di bawah penutup atap. Dan menyalurkan tekanan penutup atap ke struktur lain di bawah nya. Reng juga memiliki fungsi sebagai tempat bersandar nya penutup atap. Posisi reng tegak lurus ke atas.

4.    Penutup Atap

Penutup atap atau yang biasa kita sebut dengan genteng / spandek memiliki fungsi sebagai penahan tekanan yang di hasilkan cuaca, seperti tekanan angin dan tekanan air hujan saat hujan turun. Banyak pilihan penutup rangka atap yang bisa jadi referensi yang akan anda gunakan.

5.    Talang Jurai

Talang Jurai adalah sambungan antar bidang atap satu dengan yang lainnya. Namun jika rumah atau bangunan hanya lantai satu biasa hanya menggunakan satu bidang atap. Talang jurai ini hanya berfungsi di rumah - rumah memiliki atap dengan lebih dari satu bidang.

6.    Rabung

Adalah sebagai pengikat pertemuan antara dua susunan penutup atap yang berfungsi sebagai penutup cela pertemuan atap sehinga atap tidak terlepas sekaligus penambah nilai keindahan dan estetika bangunan atap.



Your Message Has Been Sent..