AWAS KEBAKARAN! INI TIPS MENJAGA KEAMANAN LISTRIK DI RUMAH

Menjaga keamanan listrik di rumah menjadi hal wajib yang harus dilakukan setiap penghuni. Ini berkenaan dengan keamanan tiap anggota keluarga agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kebakaran. 

 

Listrik sendiri sudah menjadi bagian penting untuk kehidupan semua orang. Ketergantungan dengan penggunaan peralatan listrik memang membantu dan memudahkan aktifitas sehari-hari. 

 

Namun begitu, listrik juga bisa menjadi lawan seperti terjadinya korsleting sampai kebakaran. Pengguna harus selalu waspada dan rutin menjaga keamanan listrik di rumah. Anda tidak boleh abai dalam hal ini. 

 

Baca Juga: Waspadai Resiko Kebakaran Dengan Bahan Bangunan Yang Bisa Tahan Api Berikut Ini!

 

 

Untuk menjaga dan mencegah adanya bahaya kerusakan listrik di hunian Anda, berikut ini tips menjaga keamanan listrik di rumah yang wajib diketahui. Apa saja? Berikut penjelasan lengkapnya!

 

 

Selalu Periksa Daya Listrik 

 

Daya listrik (watt) menjadi batasan dalam penggunaan peralatan listrik. Jadi, Anda harus pintar-pintar dalam menggunakan peralatan sesuai kapasitas daya listrik. Karena jika melebihi, akan rentang terjadi masalah pada listrik. 

 

Itu sebabnya, cek selalu peralatan listrik dengan teliti, khususnya perlatan dengan daya besar. Coba saja beralih pada penggunaan peralatan hemat energi, karena lebih aman. 



 

Cek Ketahanan Kabel Listrik

 

keamanan listrik di rumah

 

Pinterest: improvecanada.com
 

Tips menjaga keamanan listrik di rumah selanjutnya adalah rutin memeriksa kabel listrik Anda.

 

Selalu teratur memeriksa kabel listrik yang Anda gunakan. Perhatikan apakah ada yang terkelupas, melengkung, atau keamanan penahan kabel.

 

Pasalnya, kebakaran dan sengatan listrik sering terjadi karena masalah kabel listrik. Posisi kabel juga harus diperhatikan, jauhkan dari jangkauan anak-anak. Jika diperlukan, minta bantuan teknisi untuk melakukan pemeriksaan atau pemindahan kabel listrik. 

 

 

Gunakan Stop Kontak Dengan Bijak 

 

keamanan listrik di rumah

 

Pinterest: buzzfeed.com

 

Jangan bebani stop kontak dengan beberapa soket ekstensi atau adaptor, jika tidak ingin terjadi korsleting. Jika pemakaian kabel terminal listrik hanya tersedia 3 slot, jangan pernah lakukan penggunaan alat listrik berlebihan. Lebih baik Anda memasang lebih banyak outlet. 

 

 

Cek Stop Kontak Berkala

 

Selain tidak membebaninya dengan penggunaan banyak soket ekstensi, Anda wajib menjaga dan memeriksa kondisi stop kontak di rumah. Pemeriksaan sambungan listrik secara berkala akan sangat membantu mencegah kebakaran.

 

Rasakan suhu dari stop kontak. Stop kontak hangat bisa jadi tanda adanya masalah pada listrik atau sambungan yang Anda gunakan. Segera cek karena jika dibiarkan takutnya akan ada percikan api yang memicu kebakaran.

 

 

Cabut Peralatan yang Tidak Digunakan

 

keamanan listrik di rumah

 

Pinterest: dontpayfull.com

 

Ini menjadi cara sederhana yang dapat melindungi Anda dari masalah listrik, namun sering kali diabaikan. Mulai sekarang biasakan untuk mencabut peralatan listrik yang tidak digunakan. 

 

Selain itu, cara ini bisa menjadikan Anda lebih hemat energi karena daya yang digunakan berkurang. Akan tetapi, jika Anda sering lupa sebaiknya gunakan smart plug, alat yang dapat membantu mengatur jadwal pemakaian daya pada setiap soket listrik. 

 

 

Gunakan Listrik Secara Resmi

 

Yang tidak kalah penting dari tips menjaga keamanan listrik di rumah adalah memastikan listrik yang Anda gunakan untuk hunian Anda sesuai dengan standar yang ditetapkan dan harus melalui kWh meter, tidak dari tiang listrik. 

 

Alasannya adalah pada kWh meter akan ada batasan keamanan yang bisa melindungi pengguna dari masalah korsleting. 

 

 

Kesimpulan 

 

Itu dia tips menjaga keamanan listrik di rumah yang wajib Anda perhatikan. Cara sederhana ternyata bisa menjaga Anda dan penghuni lainnya aman dari insiden berbahaya seperti kebakaran. 

 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memperhatikan keamanan pemakaian listrik. 

 

Gunakan juga produk terbaik seperti material konstruksi baja ringan dengan mutu terjamin dan kualitas nomor 1, bagi hunian Anda. 

 

BLKP siap membantu dengan menawarkan beragam produk baja ringan dengan kualitas terjamin karena memiliki standarisasi SNI dan juga sertifikasi ISO 9001-2015. 

 

Tertarik dan ingin menghubungi BLKP? Anda bisa langsung Hubungi Kami.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..