TIPS CARA MEMBEDAKAN BAJA RINGAN ASLI DAN PALSU

Baja ringan adalah salah satu material konstruksi yang populer digunakan dalam berbagai proyek, mulai dari pembangunan rumah hingga infrastruktur besar. Namun, dengan popularitasnya, muncul pula permasalahan dengan adanya baja ringan palsu yang beredar di pasaran.

 

cara membedakan baja ringan asli dan palsu

Sumber: Google

 

Membedakan baja ringan asli dan palsu sangat penting untuk memastikan keamanan dan kekuatan struktur bangunan Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips cara membedakan baja ringan asli dan palsu:

 

Sudah Ber-SNI

Salah satu tanda utama baja ringan asli adalah memiliki sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI).  Baja ringan berkualitas umumnya memiliki label SNI 4096:2007 (SNI material atau SNI standar produk BjLAS - Baja Lapis Aluminium Seng). Lalu untuk produk rangka atap baja ringan yang unggul sering ditandai dengan SNI 8399:2017.

 

Sertifikat SNI menjamin bahwa baja ringan tersebut telah melewati uji kualitas dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Pastikan untuk memeriksa apakah produk baja ringan yang Anda beli memiliki stempel atau sertifikat SNI yang sah.

 

Ketebalan

Baja ringan asli memiliki ketebalan yang konsisten sesuai dengan spesifikasi dan ketentuan SNI produk. Anda bisa menggunakan alat pengukur ketebalan berupa mikrometer untuk memeriksa apakah baja ringan yang Anda beli sesuai dengan ukuran yang tertera dalam spesifikasi. Baja ringan palsu mungkin memiliki ketebalan yang tidak sesuai atau tidak merata.


 

Baca juga: 6 Ide Rumah Atap Dak Sederhana Jadikan Hunian Mewah

 

 

Massa Lapis Alumunium yang Jelas

Baja ringan asli biasanya memiliki lapisan alumunium yang kualitasnya terlihat jelas. Cek apakah lapisan alumunium terlihat rata dan berkualitas tinggi. Baja ringan yang asli dan bermutu memiliki kode massa pelapis (coating) berupa Aluminium Seng (AS) yakni AS 70 ataupun AS 100.

 

Baja ringan palsu mungkin memiliki lapisan alumunium yang tipis atau tidak merata, yang dapat mempengaruhi kekuatan dan daya tahan baja tersebut.

 

Punya Nilai Tegangan Minimum yang Tinggi

Nilai tegangan minimum adalah tingkat kekuatan terendah yang diperlukan oleh material atau struktur agar berfungsi dengan aman dalam situasi tertentu dalam rekayasa dan desain.

 

Baja ringan asli umumnya memiliki nilai tegangan minimum yang tinggi. Hal ini menunjukan bahwa baja ringan tersebut mampu menahan beban yang lebih berat tanpa deformasi atau kerusakan. 

 

Tegangan minimum yang dibutuhkan pada baja ringan agar dapat digunakan sebagai rangka atap atau kanopi adalah 550 Mpa, yang sering kali dicapai dengan penandaan G550. Sementara itu, pada produk rumah tangga, kebutuhan tegangan tarik minimalnya adalah G300 dan G250, keduanya memiliki sifat lebih fleksibel dan mudah dibentuk.

 

Pastikan untuk memeriksa spesifikasi baja ringan yang Anda beli dan pastikan nilai tegangan minimumnya sesuai dengan kebutuhan proyek Anda.

 

Bergaransi

Produsen baja ringan asli biasanya memberikan jaminan atau garansi atas produk mereka. Pastikan untuk memeriksa apakah produk yang Anda beli dilengkapi dengan garansi. Ini bisa menjadi jaminan bahwa Anda mendapatkan baja ringan yang berkualitas dan produsen siap bertanggung jawab jika terjadi masalah.
 

 

Baca juga: Cara Membedakan Besi dan Baja: Panduan Lengkap

 

 

Lapisan Anti Korosi

Baja ringan asli seringkali dilengkapi dengan lapisan anti korosi yang baik. Lapisan ini membantu melindungi baja ringan dari kerusakan akibat korosi, terutama jika proyek Anda melibatkan paparan terhadap elemen-elemen alam seperti hujan dan kelembaban.

 

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengidentifikasi lapisan anti-korosi pada baja ringan. Cara termudahnya adalah dengan memilih baja ringan yang terbuat dari Zinium dan memiliki tanda 'Zinium'.

 

Perlu diperhatikan bahwa Zinium memiliki tekstur mozaik yang berbentuk segitiga dengan ukuran 0,5 mm hingga 3 mm, yang tersusun secara acak. Textur ini adalah indikasi dari homogenitas unsur Aluminium dan Zinc yang berlangsung dengan baik. Hal ini menunjukkan kualitas lapisan anti-korosi yang sangat stabil.

 

Kesimpulan

Membedakan baja ringan asli dan palsu adalah langkah penting dalam memastikan keamanan dan kekuatan struktur bangunan Anda. Pastikan untuk selalu memeriksa sertifikat SNI, ketebalan, lapisan aluminium, nilai tegangan minimum, garansi, dan lapisan pencegahan korosi saat membeli baja ringan. 

 

Dengan memperhatikan hal-hal ini, Anda dapat yakin bahwa Anda mendapatkan produk berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan proyek Anda. 

 

Bingung mencari baja ringan terbaik untuk kebutuhan konstruksi Anda? Dapatkan baja ringan yang sudah memenuhi standar di atas dari BLKP. Silahkan hubungi Tim BLKP untuk penjelasan lebih lanjut.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..