5 CARA MEMASANG ATAP SPANDEK YANG MUDAH

Jenis Atap Rumah

Terdapat ragam jenis penggunaan atap rumah yang dapat Anda gunakan, mulai dari atap genteng metal hingga atap spandek. Namun, salah satu jenis atap rumah yang dapat digunakan untuk kebutuhan rumah Anda adalah atap spandek. Saat ini atap spandek sedang ramai digunakan untuk keperluan pembangunan atap rumah. Biasanya atap spandek digunakan untuk bangunan – bangunan yang bukan termasuk tempat tinggal, seperti pabrik, ruko, gudang dan lainnya. Karena jenis atap ini termasuk awet dan harganya juga tidak mahal.

Atap spandek terbuat dari campuran alumunium dan seng, walaupun hampir sama dengan atap seng. Pemasangan yang mudah membuat atap spandek ini memiliki bobot yang ringan serta memiliki daya tahan yang cukup lama yaitu lebih dari 20 tahun. Atap spandek memiliki ragam jenis warna yang dapat disesuaikan dengan warna cat dinding rumah Anda. Oleh sebab itu, atap spandek sangat cocok dipakai untuk pembangunan perumahan.

Walaupun pemasangannya terlihat mudah, namun tidak semua aplikator mengerti dan memahami pemasangan atap spandek yang baik dan benar.

Keunggulan Atap Spandek

  1. Tahan terhadap korosi
  2. Anti rayap
  3. Desainnya sangat modern
  4. Warna lebih beragam dan tidak cepat pudar
  5. Ringan, namun kuat
  6. Pemasangan yang mudah dan cepat

Cara Pemasangan Atap Spandek

Berikut cara pemasangan atap spandek yang dapat Anda simak dengan mudah agar tidak terjadi kesalahan:

  1. Mengukur Jarak Tumpuan
    5 Cara Memasang Atap Spandek Yang Mudah

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, lakukan pengukuran sebelum memasang atap spandek. Anda perlu menentukan dimensi panjang, lebar dan tinggi atap yang cocok untuk dipasang. Setelah pengukuran sudah dilakukan, selanjutnya mengukur jarak tumpuan yang diperlukan atap spandek.

  1. Desain Kuda – Kuda Baja Ringan
    5 Cara Memasang Atap Spandek Yang Mudah

Terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam mendesain kuda – kuda baja ringan, yaitu kekuatan dalam menahan beban, derajat kemiringan atap agar air hujan dapat mengalir ke permukaan tanpa hambatan dan penentuan panjang top chord. Hal ini harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman dalam konstruksi rangka atap. Sebab jika gagal dalam perencanaan kuda – kudanya maka atap spandek mudah ambruk.

  1. Memasang Kuda – Kuda
    5 Cara Memasang Atap Spandek Yang Mudah

Jika desain kuda – kuda sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah pemasangan kuda – kuda baja ringan. Sebelum memasang, pastikan sudah memakai pakaian pelindung keamanan seperti sarung tangan, kacamata pelindung dan pakaian berlengan panjang. Agar terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan.

  1. Pemasangan Reng Baja Ringan
    5 Cara Memasang Atap Spandek Yang Mudah

Selanjutnya adalah pemasangan reng baja ringan yang sudah sesuai dengan lebar daun atap. Sebab berguna untuk menopang atap spandek saat dipasang. Lakukan pekerjaan tersebut dengan cermat dengan posisi yang lurus.

  1. Pemasangan Atap Spandek
    5 Cara Memasang Atap Spandek Yang Mudah

Reng baja ringan yang sudah terpasang menjadi rangka atap, membuktikan bahwa pemasangan atap spandek boleh dilakukan. Pemasangan ini harus dilakukan dengan hati – hati agar rumah tidak mengalami kebocoran. Untuk hasil yang lebih optimal, lakukan finishing berupa evaluasi kembali hasil pekerjaan tersebut. Apabila terdapat yang salah, maka bisa segera diperbaiki.

Demikian beberapa cara pemasangan atap spandek dengan baik yang mudah Anda lakukan ketika sedang melakukan renovasi atau pembangunan rumah. Semoga tips berikut bermanfaat dan selamat mencoba!



Your Message Has Been Sent..