APA ITU LISPLANG, JENIS DAN MANFAATNYA DALAM KONSTRUKSI

Hi Sobat BLKP,

 

Ketika kamu dihadapkan untuk pertama kalinya dengan masalah - masalah atau yang berhubungan dengan dunia konstruksi, pertanyaan mengenai material yang digunakan untuk pembangunan seperti lisplang kerap kali muncul dalam benak kamu bukan?

 

Nah, apa sih sebenarnya Lisplang itu? apa saja jenis dan manfaat yang didapatkan ketika kita mengaplikasikannya dalam pembangunan? Agar kamu bisa lebih memahami lagi mengenai pengertian Lisplang lebih jauh, yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

 

Mengenal Apa itu Lisplang?

Kata Lisplang berasal dari istilah Latin coronis yang berarti “exterior cornice”. Kemudian istilah tersebut ditelusuri lebih dalam lagi, dan diketahui Lisplang berasal dari kata Yunani yang berarti mahkota.

 

Meskipun lisplang ini memiliki arti yang berbeda - beda, namun lisplang masih disebut sebagai salah satu struktur horizontal yang timbul pada garis sebuah atap bangunan.

 

Tidak sedikit orang yang menginginkan hunian yang terlihat indah saat dilihat dari segala sisi. Dengan rancangan yang tepat, tentunya tampilan rumah akan lebih enak dipadang. Salah satu material yang bisa dimanfaatkan untuk memperindah tampilan dari rumah adalah Lisplang ini.
 

Baca Juga : Ini Dia 5 Jenis Rangka Atap serta Fungsinya

 

Lisplang adalah sebuah belahan (bilah) papan yang umumnya diaplikasikan di pinggir atap, gunanya untuk memperindah bangunan dan sekaligus untuk menyembunyikan rangka atap. 

 

Lisplang ini banyak dimanfaatkan pada hunian yang memiliki rangka atap berbentuk segitiga, biasanya yang berada di area yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia. Hal ini disebabkan karena daerah tropis memiliki curah hujan yang tinggi yang bisa saja air hujan yang turun dapat mengenai atap rumah. Oleh karena itu, dipasanglah lisplang supaya air hujan yang turun tidak mengenai rangka atap rumah.

 

Jenis - Jenis Lisplang

Belakangan ini, Lisplang memiliki jenis atau tipe yang beraneka ragam dan banyak sekali ditemukan di pasaran. Berikut ini adalah jenis - jenis Lisplang yang dilihat dari segi bahan yang digunakan.
 

Berbahan Beton

Jika kamu memiliki hunian dengan gaya modern, bertingkat atau hunian dengan atap yang datar, lisplang berbahan beton sangat tepat kamu pilih. Biaya pemasangannya pun terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan lisplang berbahan kayu. 

 

Lisplang berbahan dasar beton ini memiliki daya tahan (durabilitas) yang sangat tinggi dan mampu dimanfaatkan sebagai talang air hujan. Selain itu, lisplang beton juga tahan panas dan tidak akan mengalami pembusukan. Namun, lisplang berbahan beton ini adalah salah satu jenis bahan yang paling berat dari jenis lisplang lainnya.

 

Lisplang berbahan beton bisa tampak sangat mewah pada rumah bergaya klasik dan bisa terlihat bersih pada hunian dengan gaya hunian yang modern maupun minimalis.Untuk cara pembuatannya, lisplang beton dapat dibuat secara manual (konvensional) langsung di tempat atau bisa juga memakai sistem precast, dimana lisplang beton dibentuk dengan menggunakan cetakan sehingga bentuknya menjadi lebih rapi dan lebih presisi.

 

Berbahan Kayu 

Tahukah kamu? lisplang berbahan dasar kayu merupakan salah satu lisplang paling tua yang banyak digunakan pada konstruksi bangunan konvensional di Indonesia bahkan sudah populer di dunia. Lisplang berbahan dasar kayu memiliki tiga pilihan yaitu kayu polos, kayu modern dan kayu bermotif. 

 

Material kayu yang digunakan pada umumnya menggunakan jenis kayu yang bisa tahan cuaca seperti: kayu jati, kayu kamper, kayu meranti, kayu bengkirai dan lain sebagainya. Namun lisplang berbahan dasar kayu ini sangat rentan terhadap cuaca dan cepat mengalami pembusukan. 

 

Berbahan Metal

Lisplang berbahan metal merupakan alternatif pengganti kayu. Hal ini dikarenakan material kayu yang semakin langka dan harganya juga melambung tinggi. Sehingga orang mulai beralih menggunakan lisplang berbahan metal karena dianggap menawarkan harga yang lebih ekonomis namun kualitasnya tetap lebih baik.

 

Lisplang berbahan metal memiliki tampilan minimalis sehingga cocok digunakan untuk mempercantik hunian dengan gaya modern. Lisplang satu ini juga sangat mudah dalam pemasangan, pengecetan maupun dalam hal perawatan fitur - fiturnya.

 

Keunggulan dari lisplang berbahan dasar metal adalah tipis dan ringan namun tetap kuat. Bentuknya yang rapi dan juga bersih membuat lisplang metal sangat cocok digunakan untuk hunian dengan gaya modern maupun minimalis. Selain itu, jenis lisplang ini juga sangat cocok diaplikasikan dengan rangka atap baja ringan.

 

Bahan metal yang umum digunakan adalah galvanize dan galvalume, namun yang memiliki ketahanan lebih terhadap karat atau korosi adalah galvalume.


 

Manfaat dari Lisplang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa manfaat utama dari lisplang ini adalah untuk mempercantik hunian rumah. Namun lisplang juga memiliki manfaat lebih untuk sebuah bangunan, yaitu dapat menyembunyikan rangka atap dan bermanfaat juga sebagai pelindung yang terjadi secara alami untuk tepian rangka atap dari terpaan cuaca buruk serta dapat menciptakan ruang yang lebih sejuk.

Selain dapat dijadikan pelindung rumah dari cahaya matahari, lisplang juga bisa memantulkan sebagian cahaya matahari yang masuk dan dapat mengurangi suhu dalam ruangan.

 

 

Kesimpulan

Sekian informasi yang bisa admin berikan tentang Lisplang. Semoga artikel tentang apa itu lisplang dari BLKP ini bisa bermanfaat untuk kamu. Pilih lisplang yang sesuai dengan model yang kamu inginkan dan budget yang kamu miliki.

 

Bagi kamu yang membutuhkan rangka atap untuk diaplikasikan dengan lisplang, jangan lupa mencarinya di BLKP ya! Karena BLKP memiliki produk rangka atap (framing) yang sudah terbukti kualitasnya seperti truss dan reng.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..