5 CARA MENYAMBUNG BAJA RINGAN DENGAN MUDAH

Tahapan Dalam Menyambung Baja Ringan

Penggunaan baja ringan saat ini sudah semakin populer sebagai konstruksi pembangunan rumah ataupun gedung – gedung bertingkat. Maka sudah tidak heran lagi baja ringan paling dicari oleh masyarakat karena memang memiliki segudang keunggulan yang tidak dimiliki oleh material lainnya, apalagi material kayu. Anda juga perlu mengetahui bahwa baja ringan memiliki sifat yang dapat didaur ulang, sehingga tidak akan berakhir menjadi sampah.

Baca Juga : KELEBIHAN BAJA RINGAN DIBANDINGKAN MATERIAL KAYU

Seperti pembuatan pagar dari baja ringan, kursi, meja, rak sepatu dan masih banyak lagi. Selain itu, harga jual baja ringan tergolong lebih murah dibandingkan dengan material kayu. Baja ringan merupakan produk yang diproduksi langsung dari pabrik sehingga sudah memiliki standarisasi dan ketentuan bentuk, ukuran dan lainnya sendiri. Oleh sebab itu, dalam pemasangan baja ringan diperlukan tenaga ahli khusus baja ringan agar potongan dan sambungannya sesuai dengan standar agar mendapatkan hasil yang yang diharapkan.

Cara Menyambung Baja Ringan

Seperti yang sudah disampaikan, bahwa setiap pabrikan memiliki standarisasinya dalam memproduksi produk baja ringan. Oleh sebab itu, dalam proses penyambungan baja ringan untuk mendapatkan hasil yang sempurna harus memperhatikan beberapa hal sebelum memulainya. Bagi Anda yang masih belum mengetahui bagaimana cara penyambungan baja ringan yang tepat, simak hal – hal di bawah ini:

  1. Siapkan Alat dan Bahan

            5 Cara Menyambung Baja Ringan Dengan Mudah

Hal yang paling penting sebelum memulai pemasangan yaitu mempersiapkan alat dan bahan – bahan yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan. Setiap balok baja ringan yang ingin disambung, membutuhkan sekrup yang ujungnya runcing seperti mata bor atau drilling screw.

Setelah itu, potong baja ringan sesuai dengan ukuran. Tempatkanlah pada ruangan terbuka agar memudahkan dalam merangkainya.

  1. Pasang Sesuai Dengan Tempatnya

            5 Cara Menyambung Baja Ringan Dengan Mudah

Apabila alat dan bahan sudah siap, mulai lah memasang balok – balok baja ringan sesuai tempatnya. Apabila pemasangan titik – titiknya dirasa sudah tepat, Anda dapat menyambungkan satu sama lain menggunakan sekrup bermata tajam sebanyak tiga buah dalam satu sambungan. Agar sambungan dalam kondisi yang lebih kuat. Jika ada satu sekrup yang lepas, masih ada sekrup lain yang dapat menopang sambungan apabila tiga sekrup dipasang.

  1. Sambungkan Menggunakan Dynabolt

            5 Cara Menyambung Baja Ringan Dengan Mudah

Apabila balok baja ringan sudah tersambung dengan sempurna, Anda dapat menyambungkan tumpuan baja ringan dengan dynabolt. Caranya adalah dengan memasukkan dynabolt ke dalam beton yang telah Anda bor sesuai dengan ukuran dynabolt yang dipakai.

  1. Kencangkan Baut Yang Terpasang

            5 Cara Menyambung Baja Ringan Dengan Mudah

Jika dynabolt sudah terpasang dengan baik pada tempatnya, selanjutnya Anda bisa mengencangkan kembali baut – baut yang ada. Dengan mengencangkan baut yang sudah terpasang, dapat membuat batang dynabolt menjadi tertarik dengan sendirinya dan semakin lebih mencengkram beton pada bagian sayapnya.

  1. Pasang Bracket Pada Sambungan

            5 Cara Menyambung Baja Ringan Dengan Mudah

Jika Anda tidak dapat menyambungkan langsung balok baja ringan ke tembok, ada cara lain yang dapat dilakukan. Yaitu terlebih dahulu memasang bracket pada sambungan kuda – kuda baja ringan. Lalu, pasangkan ke tembok. Anda bisa mengencangkan baut yang ada pada balok baja ringan agar semakin menarik ke tembok.

Nah, ini lah ulasan mengenai 5 cara menyambung baja ringan yang benar dengan mudah. Jika Anda memerlukan baja ringan yang sudah bersertifikasi SNI, silahkan hubungi kami disini. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui proses penyambungan baja ringan dengan mudah. Selamat mencoba!



Your Message Has Been Sent..