5 SEKRUP BAJA RINGAN YANG MENJADI ANDALAN

Apa Itu Sekrup Baja Ringan?

Trend baja ringan saat ini makin hari makin digemari oleh masyarakat untuk membangun atap rumah. Material yang terkenal memiliki banyak kelebihan, seperti ringan namun tetap kokoh dalam cuaca ekstrim apapun di Indonesia. Untuk bisa merangkai baja ringan menjadi rangka seutuhnya, harus dibutuhkan sekrup khusus yang memiliki kualitas terbaik agar hasilnya semakin optimal. Lalu, apa sih sekrup baja ringan itu?

Pengertian Sekrup Baja Ringan

Sekrup baja ringan merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan berfungsi sebagai perekat material baja satu dengan yang lain agar semakin kuat dan kencang. Pemasangan sekrup atau baut baja ringan ini tidak bersifat permanen. Jika sewaktu – waktu genteng metalnya patah, bisa dilepas tanpa harus merusak sambungan lain. Tidak hanya digunakan dalam penyambungan genteng metal saja, melainkan sekrup tersebut bisa digunakan pada perabotan rumah tangga khususnya baja ringan.

Ragam Sekrup Baja Ringan

Nah, bagi yang penasaran ragam dan fungsi sekrup apa aja, mari simak ulasan di bawah ini:

  1. SDS (Self Drilling Screw)

Biasanya sering disebut dengan baut galvalum atau baut baja ringan. Sekrup ini biasa dipakai untuk merekatkan alumunium, besi hingga kayu. Bisa dibilang sebagai salah satu sekrup berkualitas baik karena dapat digunakan berulang, memiliki ujung yang tajam seperti mata pisau serta kepala baut berbentuk segi enam berwarna kuning. Ciri khas dari sekrup ini yaitu memiliki ring karet yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran akibat pemasangan yang tidak sempurna.

  1. Sekrup Gypsum

Sekrup penyambung material gypsum ini memiliki ciri dengan warna yang hitam. Selain itu, ciri sekrup gypsum tersebut memiliki ukuran panjang yang standard, kepala sekrup berbentuk plus dan bagian ujungnya runcing namun pipih. Sekrup ini terbuat dari baja anti karat yang dibuat agar dapat bertahan lama pada suhu yang lembab, sehingga cocok juga digunakan untuk pemasangan rangka plafon baja ringan, triplek, dan eternit.

  1. Sekrup Dynabolt

Biasanya disebut dengan anchor atau baut tanam. Mengapa? Karena komponen tersebut hanya dapat digunakan untuk menyatukan elemen pada suatu bangunan atau hanya dapat merangkai dua objek saja. Penggunaan sekrup dynabolt ini cocok dipakai pada objek yang berat, seperti batu, beton, dan sejenisnya. Cara pemasangannya pun juga mudah, cukup dimasukan ke dalam dinding yang sudah dilubangi oleh mesin bor sebelumnya.

  1. Sekrup Baja Ringan

Ciri khas pada sekrup tersebut terdapat pada bagian kepala yang berbentuk segi enam dan ujung sekrupnya tajam seperti pisau. Sehingga mampu melubangi Reng dan Truss dengan sangat lurus dan rapih. Oleh sebab itu, sebelum menggunakan sekrup tersebut, pastikan terlebih dahulu area yang dipasang sudah sesuai agar tidak merusak material yang dipakai.

  1. Sekrup GRC

Sekrup ini biasa dikenal dengan Drywall Calsiboard, karena mempunyai ciri khusus tersendiri yaitu ujungnya yang runcing sehingga dapat menembus bagian dalam material GRC dengan mudah. Namun memiliki panjang yang standar seperti sekrup lainnya berwarna kuning.

Demikian informasi seputar tips berbagai macam sekrup baja ringan yang menjadi andalan para pekerja. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat dan jangan lupa untuk terus pantau informasi penting yang selalu menarik di kolom Artikel BLKP.co.id.



Your Message Has Been Sent..