5+ KELEBIHAN MATERIAL BAJA RINGAN BAGI KETAHANAN RUMAH

Material Baja Ringan Bagi Ketahanan Rumah

Apabila kita mendengar mengenai konstruksi baja ringan, pasti yang terpikir hanyalah gedung – gedung pencakar langit, jembatan atau pembangunan pabrik. Karena kekuatan dan ketahanan baja ringan sudah tidak diragukan lagi. Selain kokoh, baja ringan memiliki bobot yang ringan serta instalasi pemasangannya pun juga mudah. Inilah yang membuat nilai baja ringan mampu membuat bangunan menjadi lebih aman.
 

Walaupun biaya pemeliharaannya cukup tinggi, namun sesuai dengan ragam kelebihan yang dimiliki oleh konstruksi baja ringan. Menariknya lagi, konstruksi baja ringan tidak hanya digunakan pada konstruksi gedung – gedung bertingkat, pabrik ataupun jembatan. Melainkan bisa juga diaplikasikan untuk pembangunan rumah Anda, lho! Nah, dalam pembahasan kali ini, BLKP ingin membahas mengenai kelebihan material baja ringan yang bisa membuat rumah lebih aman sebagai tempat tinggal.
 

Kelebihan Material Baja Ringan

  1. Lebih Ringan Dibandingkan Material Kayu
    5+ Kelebihan Material Baja Ringan Bagi Ketahanan Rumah

Apabila material baja dan kayu dipotong dalam ukuran yang sama, maka baja akan terlihat lebih berat dibandingkan kayu. Namun ternyata, konstruksi baja justru lebih ringan dibandingkan dengan material kayu. Kelebihan inilah yang akan memudahkan dalam desain pondasi rumah atau struktur penopang lainnya. Selain itu, konstruksi baja ringan juga dapat meminimalisir tenaga kerja dan anggaran dalam pemasangan.
 

  1. Konstruksi Baja Ringan Lebih Stabil dan Kompak
    5+ Kelebihan Material Baja Ringan Bagi Ketahanan Rumah

Beban mati pada konstruksi baja ringan terbilang kecil, sehingga hal tersebut membuat baja ringan mampu menopang dirinya sendiri pada bangunan yang yang tinggi dan luas. Selain itu, konstruksi baja ringan bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah di atas tanah yang labil. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas material baja ringan, karena baja merupakan produk pabrik yang memiliki mutu standar. Sehinga tidak salah jika konstruksi baja ringan dikenal awet dan tahan lama.
 

  1. Konstruksi Baja Ringan Lebih Cepat Dibangun
    5+ Kelebihan Material Baja Ringan Bagi Ketahanan Rumah

Bagi Anda yang ingin membangun rumah dalam waktu singkat, baja ringan merupakan solusi yang tepat dan dapat diandalkan. Dikarenakan baja dibuat sesuai dengan standar tinggi sehingga mudah dibentuk dan bisa memangkas waktu pengerjaan menjadi lebih singkat. Selain gampang dibentuk dan dirangkai, konstruksi baja ringan juga bisa meminimalisir faktor human error.
 

  1. Memiliki Daktilitas Yang Tinggi
    5+ Kelebihan Material Baja Ringan Bagi Ketahanan Rumah

Daktilitas merupakan kemampuan suatu material untuk merenggang hingga akhirnya terputus. Menariknya, baja ringan merupakan material yang memiliki daktilitas tinggi sehingga mampu menahan beban berat dan lebih elastis. Hebatnya lagi, rangka atap baja ringan dapat memberikan tanda – tanda pembengkokan apabila beban yang ditahan terlalu berat. Sehingga dapat memberikan waktu untuk mengantisipasi keruntuhan.
 

  1. Konstruksi Baja Ringan Aman di Kantung
    5+ Kelebihan Material Baja Ringan Bagi Ketahanan Rumah

Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa faktor ekonomi menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting selain faktor keamanan dan kekuatan. Walaupun harga baja ringan terbilang mahal, namun konstruksi baja sudah terbukti sangat awet dan dapat didaur ulang. Di samping itu, konstruksi baja ringan hanya melakukan sedikit perbaikan, perawatan dan penggantian. Sehingga dompet Anda menjadi lebih aman dalam jangka panjang!
 

  1. Ramah Lingkungan
    5+ Kelebihan Material Baja Ringan Bagi Ketahanan Rumah

Konstruksi baja ringan dapat didaur ulang menjadi produk bermanfaat setelah tidak digunakan lagi. Itulah mengapa baja ringan menjadi material yang paling banyak didaur ulang, sehingga dapat membantu mengurangi emisi karbon dioksida. Mau hunian Anda menjadi rumah yang ramah lingkungan? Pakailah konstruksi baja ringan!
 

BACA JUGA : 5+ ALASAN PENTING HARUS MEMILIH MATERIAL RAMAH LINGKUNGAN
 

Sudah tahu kan apa saja kelebihan dari material baja ringan? Meskipun memerlukan budget yang lebih besar di awal, tentu sebanding dengan ragam kelebihan yang didapatkan dari konstruksi baja ringan. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya dari BLKP, ya!
 

Anda ingin memperbaharui tampilan rumah? BLKP juga menyediakan berbagai produk yang terbuat dari baja ringan. Dijamin produk tersebut bergaransi dan sudah bersertifikasi SNI.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..