8 PERSIAPAN MERAWAT RUMAH SAAT MUSIM HUJAN, HUNIAN JADI AMAN

Tidak terasa kini kita sudah memasuki bulan dimana musim hujan telah tiba. Pastinya masalah-masalah ketika musim hujan akan timbul silih berganti, seperti rumah bocor, dinding rembes, tampias, banjir dan masih banyak lagi. Pastinya Anda menginginkan rumah yang tetap nyaman saat musim hujan tiba, bukan?

 

Salah satu faktor utama ketika musim hujan tiba yaitu menangani atap atau dinding yang rembes. Oleh sebab itu, dibutuhkan persiapan matang sebelum hal itu terjadi di rumah Anda. Berikut persiapan yang harus Anda lakukan ketika musim hujan sudah tiba:


 

Persiapan Merawat Rumah

Adapun beberapa persiapan merawat rumah saat musim hujan yang dapat Anda lakukan, di antaranya yaitu:

 

Periksa Secara Rutin Talang Air

Selama musim kemarau, pasti talang air rentan terhadap kotoran yang disebabkan oleh daun kering dan debu. Kotoran yang menumpuk dan jarang dibersihkan akan menyebabkan talang air menjadi tersumbat dan salurannya menjadi tertutup. Sehingga lajur air akan menjadi terhambat ketika musim hujan tiba. Maka dari itu, rajin lah untuk memeriksa dan membersihkan talang air dari tumpukan sampah.

 

Selain membersihkan talang air, Anda juga harus memeriksa kondisi talang air. Jika talang air mengalami kerusakan, segera perbaiki talang air agar berfungsi secara maksimal ketika musim hujan. Pilihlah talang air yang terbuat dari material berkualitas agar tahan lama dan sesuaikan ukuran talang air dengan kebutuhan.

 

Perhatikan Posisi Atap Rumah

Mungkin hal ini sering Anda abaikan, padahal Anda wajib melakukan pengecekan posisi atap menjelang musim hujan. Posisi atap yang tidak beraturan merupakan salah satu penyebab kebocoran saat musim hujan. 

 

Walaupun Anda baru saja melakukan renovasi rumah atau menempati rumah baru, namun tetap saja harus melakukan pengecekan pada bagian atap rumah. Biasanya atap rumah akan mengalami pergeseran dikarenakan faktor angin kencang. 

 

Memeriksa Kondisi Plafon Rumah

Kondisi plafon rumah yang lembab dan lapuk merupakan salah satu penyebab atap bisa saja rembes. Dan juga kualitas di dalam rumah menjadi terganggu karena udara lembab dan pengap. Oleh karena itu, mengapa memeriksa kondisi plafon rumah sangat diperlukan.

 

Apabila terdapat bagian plafon yang rusak, segera perbaiki agar ruangan di dalam rumah Anda menjadi tetap nyaman dan tidak terjadi kebocoran. Ketika terjadi kebocoran plafon rumah akan berpotensi ditumbuhi oleh jamur dan lumut. Anda tidak mau bukan masalah ini terjadi?


 

Baca juga: 6 Permasalahan Pada Bangunan yang Sering Terjadi Ketika Hujan Tiba

 

Sistem Ventilasi

Aliran udara yang kurang baik bisa menyebabkan sirkulasi dalam rumah menjadi tidak lancar. Akibatnya rumah menjadi tidak nyaman dan menjadi sarang bakteri sehingga plafon bisa lebih cepat mengalami keropos dan rembes. Usahakan untuk memasang ventilasi dengan baik.

 

Ventilasi yang buruk juga dapat mengakibatkan peningkatan kelembaban di dalam rumah. Kelembaban tinggi menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan jamur, bakteri, dan tungau. 

 

Tidak berhenti sampai situ, rumah yang kurang memiliki sistem ventilasi memadai akan menimbulkan masalah lain. Masalah tersebut adalah bau tidak sedap. Ini terjadi lantaran udara kotor tidak bisa bersirkulasi dengan baik dan mengendap di dalam ruangan.

 

Membersihkan Saluran Air

Periksa saluran air yang ada disekitar rumah Anda. Apabila terdapat sumbatan sampah atau endapan lumpur maka segeralah bersihkan. Saluran air yang tidak lancar akan menghambat laju air ketika musim hujan yang bisa menyebabkan banjir. Cobalah untuk membersihkan saluran air secara berkala, setidaknya dua minggu sekali menjelang musim hujan.

 

Merawat rumah saat musim hujan memang harus dilakukan agar dapat terhindar dari risiko kebocoran saluran sanitasi atau hal – hal yang tidak diinginkan terjadi pada rumah Anda. Sebaiknya lakukan pencegahan sedari dini sebelum musim hujan tiba, agar rumah Anda selalu aman dan nyaman dikala musim lainnya datang.

 

Memasang Insulasi Dinding dan Atap

Musim hujan dapat menyebabkan peningkatan kelembaban di udara. Terlebih saat rumahmu diterpa hujan dalam waktu yang lama. Untuk mencegah kelembaban suhu udara, Anda disarankan untuk memasang material insulasi pada dinding dan juga atap. Hal tersebut karena material insulasi berfungsi dalam menjaga suhu ruangan tetap stabil.

 

Tidak cuma itu, pengaplikasian material insulasi juga mendatangkan manfaat lainnya. Mulai dari meredam suara, perlindungan terhadap api hingga pencegahan akan pertumbuhan jamur dan lumut. 

 

Aplikasikan Cat Waterproof 

Cat waterproof, atau cat tahan air, memiliki beberapa fungsi penting untuk melindungi dan mempertahankan kondisi bangunan, terutama rumah, terhadap dampak cuaca dan air Anda bisa mengimplementasikan cat waterproof pada bagian atap dan juga dinding rumah. 

 

Dengan demikian, rembesan air pada dinding dan kebocoran atap dapat dicegah dengan baik. Anda disarankan untuk mengaplikasikan cat waterproof saat musim kemarau supaya cat lebih mudah kering dan mampu berfungsi dengan baik

 

Perhatikan Instalasi Listrik

Merawat instalasi listrik selama musim hujan adalah langkah yang penting untuk menjaga keamanan dan kinerja sistem listrik di rumah Anda. Lakukanlah pemeriksaan secara rutin pada instalasi listrik, khususnya pada kabel dan peralatan listrik di sekitar rumah. Cari tanda-tanda keausan, kerusakan, atau kelembaban yang tidak normal. 

 

Untuk mencegah rumah tersambar petir, Anda juga jangan lupa untuk memperhatikan keadaan sistem grounding. Jika terdapat kerusakan atau masalah tertentu segeralah hubungi ahli kelistrikan untuk memperbaikinya.

 

Baca juga: Mengatasi Dinding Lembab dan Berjamur dalam 60 Menit

 

Penutup

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk merawat rumah saat musim hujan melibatkan pemeriksaan rutin talang air, perhatikan posisi atap rumah, periksa kondisi plafon rumah, pastikan sistem ventilasi berfungsi baik, bersihkan saluran air, pasang insulasi pada dinding dan atap, aplikasikan cat waterproof, dan perhatikan instalasi listrik.

 

Tindakan-tindakan ini bertujuan untuk mencegah masalah seperti kebocoran atap, dinding rembes, dan risiko kebocoran saluran sanitasi selama musim hujan. Pencegahan sedari dini diimbangi dengan perawatan rutin dan pemantauan kondisi rumah dapat membantu menjaga kenyamanan dan keamanan rumah selama musim hujan dan mengurangi potensi kerusakan serta dampak negatif lainnya.

 

Demikian ulasan tentang persiapan merawat rumah. Semoga artikel ini dapat memberikan insight bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk gunakan rangka baja ringan yang anti rayap, kuat, tahan lama dan tidak mudah lapuk. Selain itu, Anda juga bisa memilih berbagai jenis produk atap dari BLKP agar terhindar dari kebocoran. Tertarik? Silahkan hubungi Tim Kami. 



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..