5 PERSIAPAN MERAWAT RUMAH SAAT MUSIM HUJAN

Tidak terasa kini kita sudah memasuki bulan dimana musim hujan telah tiba. Pastinya masalah – masalah ketika musim hujan akan timbul silih berganti, seperti rumah bocor, dinding rembes, tampias, banjir dan masih banyak lagi. Pastinya Anda menginginkan rumah yang tetap nyaman saat musim hujan tiba, bukan?
 

BACA JUGA : 5 PERMASALAHAN YANG SERING TERJADI KETIKA HUJAN TIBA
 

Salah satu faktor utama ketika musim hujan tiba yaitu menangani atap atau dinding yang rembes. Oleh sebab itu, dibutuhkan persiapan matang sebelum hal itu terjadi di rumah Anda. Berikut persiapan yang harus Anda lakukan ketika musim hujan sudah tiba!

 

Persiapan Merawat Rumah

  1. Periksa Secara Rutin Talang Air
    5 Persiapan Merawat Rumah Saat Musim Hujan

Selama musim kemarau, pasti talang air rentan terhadap kotoran yang disebabkan oleh daun kering dan debu. Kotoran yang menumpuk dan jarang dibersihkan akan menyebabkan talang air menjadi tersumbat dan salurannya menjadi tertutup. Sehingga lajur air akan menjadi terhambat ketika musim hujan tiba. Maka dari itu, rajin lah untuk memeriksa dan membersihkan talang air dari tumpukan sampah.

 

Selain membersihkan talang air, Anda juga harus memeriksa kondisi talang air. Jika talang air mengalami kerusakan, segera perbaiki talang air agar berfungsi secara maksimal ketika musim hujan. Pilihlah talang air yang terbuat dari material berkualitas agar tahan lama dan sesuaikan ukuran talang air dengan kebutuhan.

 

  1. Perhatikan Posisi Atap Rumah
    5 Persiapan Merawat Rumah Saat Musim Hujan

Mungkin hal ini sering Anda abaikan, padahal Anda wajib melakukan pengecekan posisi atap menjelang musim hujan. Posisi atap yang tidak beraturan merupakan salah satu penyebab kebocoran saat musim hujan. Walaupun Anda baru saja melakukan renovasi rumah atau menempati rumah baru, namun tetap saja harus melakukan pengecekan pada bagian atap rumah. Biasanya atap rumah akan mengalami pergeseran dikarenakan faktor angin kencang.

 

  1. Memerika Kondisi Plafon Rumah
    5 Persiapan Merawat Rumah Saat Musim Hujan

Kondisi plafon rumah yang lembab dan lapuk merupakan salah satu penyebab atap bisa saja rembes. Dan juga kualitas di dalam rumah menjadi terganggu karena udara lembab dan pengap. Oleh karena itu, mengapa memeriksa kondisi plafon rumah sangat diperlukan. Apabila terdapat bagian plafon yang rusak, segera perbaiki agar ruangan di dalam rumah Anda menjadi tetap nyaman dan tidak terjadi kebocoran.

 

  1. Sistem Ventilasi
    5 Persiapan Merawat Rumah Saat Musim Hujan

Aliran udara yang kurang baik bisa menyebabkan sirkulasi dalam rumah menjadi tidak lancar. Akibatnya rumah menjadi tidak nyaman dan menjadi sarang bakteri sehingga plafon bisa lebih cepat mengalami keropos dan rembes. Usahakan untuk memasang ventilasi dengan baik.

 

  1. Membersihkan Saluran Air
    5 Persiapan Merawat Rumah Saat Musim Hujan

Periksa saluran air yang ada disekitar rumah Anda. Apabila terdapat sumbatan sampah atau endapan lumpur maka segera bersihkan. Dikarenakan saluran air yang tidak lancar akan menghambat laju air ketika musim hujan yang bisa menyebabkan banjir. Cobalah untuk membersihkan saluran air secara berkala, maksimal dua minggu sekali menjelang musim hujan.

 

Merawat rumah saat musim hujan memang harus dilakukan agar dapat terhindar dari risiko kebocoran atau hal – hal yang tidak diinginkan terjadi pada rumah Anda. Sebaiknya lakukan pencegahan sedari dini sebelum musim hujan tiba, agar rumah Anda selalu aman dan nyaman dikala musim lainnya datang.

 

Seperti memilih material rangka baja ringan yang anti rayap, kuat, tahan lama dan tidak mudah lapuk. Selain itu, Anda juga bisa memilih penutup atap rumah genteng metal dari BLKP agar terhindar dari kebocoran.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..