5 TIPS CERDAS RENOVASI RUMAH TANPA MENGURAS BUDGET

Renovasi Rumah Tanpa Menguras Banyak Pengeluaran

Apabila mendengar kata “renovasi rumah”, tentu saja hal utama yang paling dipikirkan adalah soal biaya. Apalagi Anda sudah menempati rumah tersebut bertahun – tahun, pastinya rumah Anda terlihat kusam dan sumpek. Bisa jadi karena kurang perawatan atau terdapat bagian yang sudah mulai lapuk. Sehingga kita abai dalam merawat rumah karena kebutuhan lain yang lebih mendesak.
 

BACA JUGA : YUK, BANGUN RUMAH MENGGUNAKAN MATERIAL RAMAH LINGKUNGAN
 

Sebenarnya ada beberapa tips cerdas melakukan renovasi rumah tanpa menguras budget. Bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini.

Tips Cerdas Renovasi Rumah

  1. Merawat dan Melindungi Furniture

              5 Tips Cerdas Renovasi Rumah Tanpa Menguras Budget

Apabila Anda memiliki furnitur yang masih layak pakai namun sudah terlihat jadul, jangan singkirkan dulu ya! Bisa jadi akan menambah nilai vintage pada sebuah rumah. Apalagi Anda merupakan seorang penyuka furnitur berbahan kayu, maka terdapat beberapa faktor yang harus Anda perhatikan. Seperti suhu, kelembapan dan cahaya matahari.
 

BACA JUGA : 3 JENIS BAHAN METAL YANG DIGUNAKAN UNTUK FURNITURE
 

Pastikan Anda sudah mengikuti instruksi dengan benar agar terhindar dari kesalahan dalam renovasi rumah. Sebelum melakukan renovasi rumah, Anda dapat membeli cairan khusus di toko meubel.

  1. Lindungi Dinding Saat Melakukan Renovasi

              5 Tips Cerdas Renovasi Rumah Tanpa Menguras Budget

Melakukan renovasi rumah, tidak seharusnya mengganti keseluruhan dalam ruangan. Anda dapat memberikan kesan yang baru pada dinding dengan cara mengecat ulang warna baru atau memberikan wallpaper agar nampak terlihat baru. Anda dapat memilih warna cat sesuai dengan kebutuhan.

Namun jika dindingmu masih baik dan belum terlihat kusam, Anda dapat menggunakan pelapis dinding yang berbentuk cair agar kotoran mudah dibersihkan. Renovasi rumah bukan hanya tentang memperbaiki saja, melainkan memperindah sebuah rumah.

  1. Memperbaharui Desain Pintu Rumah

              5 Tips Cerdas Renovasi Rumah Tanpa Menguras Budget

Hal pertama yang pastinya Anda lihat ketika masuk ke dalam rumah yaitu pintu. Sebenarnya Anda juga bisa melakukan renovasi rumah hanya pada bagian pintu masuk saja. Jika pintu rumah Anda terbuat dari kayu dan sudah terlihat pengeroposan, segera lakukan renovasi dengan menambahkan hiasan atau ukiran untuk menutupinya.

Apabila pintu kayu rumah Anda memiliki pelapis yang buruk, Anda cukup mengganti pelapisnya saja. Bukan mengganti pintunya juga! Lakukan perawatan terhadap pintu kayu rumah Anda agar lebih tahan lama. Untuk mencegah pelapukan, Anda dapat melapisi pintu kayu menggunakan pernis yang terbuat dari bahan dasar minyak. Namun, apabila pintu rumah Anda terbuat dari bahan logam, cukup bersihkan karatnya menggunakan produk yang terdapat asam oksalat. Dan jangan lupa memberikan pelumas pada bagian engsel dan kaki pintu agar tidak menimbulkan bunyi ketika pintu dibuka atau ditutup.

  1. Mengatur Pencahayaan Dalam Ruangan

              5 Tips Cerdas Renovasi Rumah Tanpa Menguras Budget

Sebelum memulai renovasi rumah berskala besar, cek kembali apakah lampu rumah yang menjadi masalah selama ini? Dikarenakan pencahayaan yang kurang tepat dapat membuat suasana rumah menjadi tidak enak dipandang. Anda dapat menempatkan lampu LED di bawah furnitur favorit Anda. Sehingga dapat menimpulkan kesan yang lebih elegan.

Saat siang hari, pastikan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah cukup. Agar rumah nampak terlihat lebih sehat dan tidak lembab.

  1. Hidupkan Suasana Dapur

              5 Tips Cerdas Renovasi Rumah Tanpa Menguras Budget

Dapur merupakan salah satu bagian yang paling vital dalam rumah. Apabila Anda sedang melakukan renovasi rumah, jangan lupa untuk mengganti peralatan dapur yang sudah usang agar tampilan dapur Anda semakin cantik. Kalau bisa pasanglah pengharum ruangan, agar mengurangi bau yang tidak sedap disekitar dapur. Anda juga bisa mempercantik dinding dapur dengan menambahkan beberapa bingkai foto agar semakin betah memasak.
 

BACA JUGA : 4 DESAIN RUANG MAKAN YANG PATUT UNTUK DITIRU
 

Nah, mudah bukan 5 tips cerdas renovasi rumah tanpa menguras banyak biaya? Bagi Anda yang memiliki biaya terbatas untuk melakukan renovasi rumah, tidak perlu kecewa ya! Karena Anda bisa mencontoh tips – tips di atas tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Selamat mencoba dan selamat merenovasi rumah.

Bagi Anda yang sedang mencari rangka baja ringan yang sudah memiliki jaminan mutu dan sudah bersertifikasi SNI. Yuk, kepoin langsung aja laman BLKP!



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..