SIMAK 5 TIPS PENTING SEBELUM MENGGUNAKAN BAJA RINGAN

Sebelum Menggunakan Baja Ringan

Atap merupakan salah satu elemen yang sangat penting sebagai pelindung sebuah hunian dari teriknya cuaca panas dan dinginnya musim hujan. Sebetulnya pemasangan atap perlu disesuaikan dengan berbagai konstruksi rangka sebagai penopangnya. Saat ini konstruksi rangka atap memiliki ragam jenis bentuk seperti material baja, kayu atau baja ringan.
 

BACA JUGA : 5+ KELEBIHAN MATERIAL BAJA RINGAN BAGI KETAHANAN RUMAH
 

Namun, yang sekarang menjadi primadona masyarakat yaitu material baja ringan. Material satu ini memiliki banyak kelebihan yang akan Anda temukan ketika sudah memilihnya. Walaupun baja ringan memiliki bobot yang ringan, namun proses pemasangannya pun juga sangat mudah. Sehingga mampu menopang berbagai jenis atap yang akan digunakannya karena baja ringan juga sangat kokoh.
 

Anda sedang berencana melakukan renovasi rumah menggunakan baja ringan sebagai konstruksi rangka atap? Nah, sebelum Anda melakukannya lebih baik simak tips penting yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan baja ringan!
 

Tips Penting Sebelum Menggunakan Baja Ringan
 

  1. Menyesuaikan Rangka Baja Ringan Dengan Model Atap
    Simak 5 Tips Penting Sebelum Menggunakan Baja Ringan

Rangka baja ringan dapat dibentuk menyesuaikan dengan variasi model atap yang Anda inginkan. Namun, dalam hal ini Anda harus menyesuaikan beban yang ditumpu pada rangka baja ringan yang digunakan. Apabila Anda ingin memastikan kekuatan rangka dari baja ringan, Anda bisa membuat jarak yang cukup rapat antar baja ringan agar dapat menopang beban dengan sempurna. Kerenggangan antar baja ringan paling umum yaitu 150 cm.
 

  1. Menyesuaikan Rangka Baja Ringan Dengan Jenis Penutup Atap
    Simak 5 Tips Penting Sebelum Menggunakan Baja Ringan

Walaupun Anda sudah menggunakan rangka baja ringan, bukan berarti Anda hanya bisa menggunakan penutup atap dari bahan logam saja. Melainkan Anda bisa menggunakan penutup atap dari berbagai jenis, seperti dari asbes, beton, keramik hingga kaca. Sesuaikan juga penggunaan penutup atap yang Anda gunakan karena semakin berat bobot penutup atap maka semakin banyak juga baja ringan yang digunakan.
 

  1. Cek Kualitas Baja Ringan
    Simak 5 Tips Penting Sebelum Menggunakan Baja Ringan

Kualitas baja ringan dapat Anda lihat dari nilai tegangan tarikan. Anda harus memilih nilai tegangan tarikan baja ringan yaitu 550 Mpa yang dapat menopang berbagai jenis atap karena kokoh. Selain itu, perhitungan kualitas baja ringan juga menggunakan SAE Grade yang dimana kualitas terbaik memiliki nilai SAE Grade 980. Semakin kecil nilai tegangan, maka tarikan baja ringan semakin rendah sehingga sangat mempengaruhi kekuatan dalam menopang beban di atasnya.
 

  1. Perhatikan Sistem Penguat Baja Ringan
    Simak 5 Tips Penting Sebelum Menggunakan Baja Ringan

Baja ringan memiliki bentuk yang lebih tipis dibandingkan dengan baja konvensional. Sehingga baja ringan lebih jauh lebih fleksibel dan dapat dipasangkan pada berbagai bentuk atap. Meskipun memiliki sifat yang tipis, bisa mempengaruhi kekakuan baja ringan sehingga bisa berisiko roboh apabila pemasangannya tidak tepat. Apabila Anda ingin membeli baja ringan, sebaiknya Anda juga harus menyiapkan batang penyangga atau bracing sesuai dengan jumlah baja ringan yang akan digunakan.
 

  1. Pilih Baja Ringan Bergaransi
    Simak 5 Tips Penting Sebelum Menggunakan Baja Ringan

Pastikan ketika Anda memilih baja ringan, cek terlebih dahulu dukungan garansinya. Garansi baja ringan tidak hanya berlaku untuk pemasangannya saja, melainkan garansi baja ringan juga menyatakan terhadap ketahanan baja ringan itu sendiri setelah diuji coba sesuai dengan tegangan tarikan.
 

Jadi, kapan Anda mulai memilih baja ringan sebagai konstruksi atap rumah? Jangan lupa untuk simak artikel seputar baja ringan lainnya di BLKP untuk menciptakan rumah yang lebih awet dan tahan lama. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impian Anda bersama BLKP!



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..