MEMILIH MATERIAL ATAP YANG TEPAT: GALVANIS ATAU GALVALUM?

Atap merupakan salah satu komponen terpenting dalam suatu konstruksi bangunan. Pemilihan material atap yang tepat adalah keputusan penting yang akan mempengaruhi kekuatan, daya tahan, dan tampilan estetika bangunan. Dalam artikel ini, BLKP akan mempertimbangkan dua pilihan material yang sering digunakan untuk atap, yaitu atap galvanis dan atap galvalum, serta membantu Anda untuk menentukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Apa itu Atap Galvanis?

Galvanis merupakan lapisan seng (zinc) yang digunakan untuk melindungi baja ringan dari korosi. Pembuatan atap galvanis meliputi proses galvanisasi. Proses galvanisasi sendiri melibatkan perendaman baja dalam cairan seng panas, yang menghasilkan lapisan pelindung yang kuat. 

 

Mengandung konsentrasi sekitar 99,7% seng, sehingga berfungsi untuk menghambat pembentukan karat. Proses pelapisannya melibatkan perendaman material dalam seng cair tanpa oksidasi, menghasilkan lapisan seng berkualitas tinggi. Dengan atap galvanis, korosi pada baja dapat diperlambat atau dicegah.

 

Atap galvanis sendiri terkenal karena kekuatannya dan daya tahan terhadap cuaca ekstrem. juga memiliki daya tahan terhadap karat yang baik, sehingga umumnya memiliki umur panjang.

 

Apa itu Atap Galvalum?

Galvalum merupakan jenis baja ringan yang juga dilapisi dengan lapisan seng, tetapi menggunakan metode yang sedikit berbeda. 

 

Proses pelapisan atap galvalum melibatkan perendaman bahan dalam cairan pelapis dengan perbedaan hanya pada tempat penampungan dan pemanasan. Atap galvalum mengandung 55% aluminium, 45% seng, dan sisanya mengandung unsur lain hingga total mencapai 100%. 

 

Tingginya kandungan aluminum, atap galvalume lebih tahan terhadap karat daripada atap galvanis. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa aluminium tidak akan mengorbankan dirinya untuk melindungi baja dari korosi, tetapi aluminium memiliki ketahanan yang lebih baik daripada seng.

 

Baca juga: Memahami Baja Galvanis dan Manfaatnya Bagi Konstruksi Bangunan

 

Mana yang Lebih Baik Antara Galvanis atau Galvalum untuk Atap

Sumber: Google

 

Ketika harus memilih material atap untuk proyek Anda, pertimbangkan poin-poin berikut untuk membantu Anda membuat keputusan yang tepat antara galvanis dan galvalum:

 

Ketahanan terhadap Karat

Atap Galvanis: mampu memberikan perlindungan yang kuat terhadap korosi dan karat.

Atap Galvalum: lebih tahan terhadap karat dibandingkan dengan galvanis karena kandungan aluminium yang tinggi.

 

Harga

  • Atap Galvanis: Biasanya lebih ekonomis, membuatnya cocok untuk anggaran yang ketat

  • Atap Galvalum: Lebih mahal dibandingkan dengan atap galvanis.

 

 

Tampilan Estetis

  • Atap Galvanis: memiliki tampilan yang lebih tradisional dan kasar.

  • Atap Galvalum: menawarkan tampilan yang lebih modern dan mengkilap berkat kandungan aluminiumnya yang tinggi.

 

Tahan Terhadap Polutan Korosi

Kandungan seng dalam atap galvanis lebih efektif dalam melindungi baja dari polutan korosi dibandingkan dengan atap galvalum karena mengandung aluminium yang lebih tinggi dibandingkan dengan atap galvalume

 

Kondisi Cuaca Lokal

Jika Anda tinggal di daerah dengan cuaca yang keras atau tingkat kelembaban yang tinggi, galvalum mungkin menjadi pilihan yang lebih bijaksana karena ketahanannya yang lebih baik terhadap korosi.

 

Perawatan

Dalam hal perawatan, atap galvalum membutuhkan perawatan yang lebih sedikit daripada atap galvanis.

 

Hal ini disebabkan karena daya tahan atap galvanis cukup tinggi terhadap korosi dan cuaca ekstrem, dibandingkan dengan atap galvalum yang sangat memerlukan perawatan berkala seperti pembersihan dan inspeksi.

 

Pembersihan pada atap galvalum bisa dilakukan dengan menyiram atau menggosok atap dengan air bersih dan sabun ringan untuk menghilangkan kotoran dan debu. Ini adalah tindakan perawatan yang sederhana yang dapat dilakukan secara berkala tanpa memerlukan perawatan khusus atau pemeliharaan yang rumit.


 

Baca juga: Perbedaan Jenis Lapisan Galvalume dan Galvanis Baja

 

Kesimpulan

Saat Anda memilih antara atap galvanis atau atap galvalum penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi. Atap galvanis mungkin cocok untuk anggaran yang lebih minim, sedangkan atap galvalum biasanya menawarkan daya tahan dan tampilan yang lebih baik. 

 

Dengan pertimbangan yang cermat, Anda dapat memastikan bahwa atap tidak hanya melindungi bangunan, tetapi juga menambah nilai estetisnya.

 

Demikianlah pembahasan tentang atap galvanis dan atap galvalum. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan menjadi salah satu sumber referensi yang berguna bagi Anda.

 

Jika Anda sedang mencari material bangunan seperti baja ringan, Anda dapat mempertimbangkan produk yang ditawarkan oleh BLKP. Berbagai produk jadi maupun bahan mentah baja ringan tersedia di BLKP. Jangan ragu untuk menghubungi tim profesional kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..