KATA SIAPA SAMA? INI DIA PERBEDAAN GARASI DAN CARPORT

Bagi kebanyakan orang, garasi dan carport merupakan hal yang sama. Walaupun kegunaan garasi dan carport adalah sebagai tempat menyimpan kendaraan roda dua dan roda empat, namun disisi lain terdapat perbedaan yang mencolok dari kedua elemen tersebut.
 

Baca Juga : 5 Hal Penting dalam Memasang Kanopi Baja Ringan untuk Carport
 

Umumnya, garasi dan carport ditempatkan berada di samping atau depan rumah supaya lebih aman dan memudahkan kita untuk memarkir atau membawa kendaraan ke luar rumah. Terdapat beberapa perbedaan yang mencolok antara garasi dan carport mulai dari segi bentuk maupun istilahnya. Oleh sebab itu, mari simak penjelasan di bawah ini.
 

Pengertian Garasi

Garasi merupakan bagian rumah yang sering dijadikan sebagai tempat penyimpanan sepeda, motor dan mobil agar terhindar dari panasnya matahari dan musim hujan. Tidak hanya itu saja, garasi juga melindungi kendaraan Anda dari hal yang tidak diinginkan, seperti tindakan pembobolan atau pencurian kendaraan.
 

Umumnya, garasi memiliki lebar sekitar 2.4 x 4.8 meter untuk kendaraan dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Namun, Anda juga bisa menggunakan garasi dengan lebar sekitar 3 x 6 meter untuk kendaraan yang memiliki ukuran lebih besar.
 

Pengertian Carport

Carport adalah sebuah tempat semi terbuka yang dapat digunakan untuk menaruh kendaraan roda empat yang memiliki fungsi sama seperti dengan garasi. Namun, yang menjadi pembedanya adalah carport memiliki tempat yang berbeda dengan rumah.
 

Carport hanya menyediakan tempat yang memang dikhususkan untuk kendaraan roda empat saja karena tempatnya dipasang terpisah dengan rumah.
 

Usahakan jangan memarkir kendaraan roda dua di dalam carport, karena tidak terdapat pagar untuk melindunginya. Umumnya, carport memiliki ukuran lebih besar sekitar 4 x 8 meter atau bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.
 

Apabila Anda hanya memiliki satu kendaraan saja, disarankan untuk memakai garasi saja karena dalam pembuatan carport memerlukan biaya yang tidak sedikit.
 

 

Perbedaan Garasi dan Carport

Berikut beberapa perbedaan antara garasi dan carport yang dapat Anda simak di bawah ini.
 

  1. Dilihat Dari Perbedaan Bahasa

Perbedaan pertama yang dapat Anda lihat yaitu dari segi bahasa yang digunakan. Dalam KBBI, istilah garasi menuju kepada bagian rumah yang digunakan untuk menyimpan berbagai kendaraan bermotor. Sedangkan carport, ditujukan untuk menyimpan kendaraan roda empat berupa atap yang ditopang dengan tiang.
 

Sehingga dapat dipahami bahwa garasi merupakan bagian dari sebuah rumah, sedangkan carport bukan dari bagian rumah.
 

  1. Dilihat dari Bentuk

Carport merupakan tempat yang berbentuk semi terbuka. Dikarenakan carport hanya dipasang menggunakan kanopi atap yang berfungsi sebagai pelindung kendaraan dari panasnya matahari dan musim hujan. Namun, carport tidak dapat melindungi dari debu karena dilengkapi dengan dinding penyekat disekitarnya.
 

Selain itu, garasi merupakan bagian dari sebuah rumah yang bentuknya tertutup dikelilingi oleh dinding dan dilindung dengan atap. Terdapat juga pintu garasi sebagai akses untuk keluar masuk sang penghuni mengeluarkan kendaraan.
 

  1. Material Pembangun

Dari segi bentuk antara garasi dan carport saja sudah terlihat berbeda, tentunya dalam pemilihan material juga pastinya berbeda.
 

Untuk pembangunan carport, Anda memerlukan atap kanopi yang berbahan polycarbonate, kaca, genteng metal dan lain sebagainya. Lalu, untuk tiangnya Anda juga bisa menggunakan baja ringan, kayu dan besi.
 

Untuk pembangunan garasi, material yang Anda butuhkan kurang lebih sama seperti material utama pembuatan rumah. Seperti semen, batu bata, genteng, rangka baja ringan dan lainnya.
 

  1. Biaya Pembangunan

Dalam segi biaya, tentunya biaya pembangunan carport lebih murah dibandingkan dengan garasi karena material yang dibutuhkan jauh lebih sedikit dan pembangunannya pun jauh lebih mudah.
 

Sehingga tidak heran jika konsep rumah minimalis lebih banyak menerapkan penggunaan carport dibandingkan dengan garasi.
 

  1. Dalam Segi Keamanan

Walaupun sama-sama berfungsi sebagai tempat berlindung bagi kendaraan, namun jika dilihat dari segi keamanan tentu garasi memiliki poin yang lebih tinggi.
 

Pasalnya, garasi merupakan ruangan tertutup yang memiliki pintu sehingga dapat dikunci. Sehingga dapat menjamin keamanan kendaraan roda dua maupun roda empat yang diletakkan di dalamnya.
 

Berbeda dengan carport yang bentuknya semi terbuka, sehingga kurang terjaga privasi dan keamanannya. Oleh sebab itu, harus diberikan perlindungan tambahan berupa pagar dalam hunian Anda.
 

Kesimpulan

Membangun garasi dan carport adalah hal yang sah-sah saja dilakukan oleh Anda sebagai seorang pemilik rumah yang memiliki lahan berlebih. Apalagi yang memiliki hobi mengoleksi berbagai kendaraan, seperti motor, mobil, sepeda dan lainnya.
 

Bagi yang memiliki sisa lahan terbatas, penggunaan carport adalah solusi terbaiknya. Jangan lupa untuk selalu merawat dan membersihkan area garasi dan carport Anda supaya lebih bersih dan terawat agar semakin menarik perhatian orang sekitar.
 

Pastikan untuk memilih material berkualitas seperti baja ringan BLKP yang telah ber-SNI. Selain itu, baja ringan BLKP juga kokoh dan tahan lama terhadap berbagai perubahan cuaca ekstrem di Indonesia.

Bagi Anda yang sedang mencari material baja ringan, yuk langsung cek semuanya di www.blkp.co.id!



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..