SERING MERASA KEPANASAN? YUK SIMAK 5 TIPS BUAT RUMAH LEBIH SEJUK TANPA AC

Sering Kepanasan Dalam Rumah? Coba Hal ini!

Indonesia dikenal sebagai iklim yang paling tropis. Namun, kadang suka kesal jika hawa terasa panas bukan? Apalagi jika sudah memasuki musim kemarau. Suhu bisa mencapai 35 derajat ke atas yang pastinya bisa sampai menembus rumah. Gerahnya minta ampun!

Semua orang tentu menginginkan hawa yang sejuk, maka tak jarang banyak yang menggunakan Air Conditioner (AC) sebagai solusinya. Namun, penggunaan AC justru bukan menjadi solusi yang tepat. Jika sering menggunakannya, akan menambah beban biaya tiap bulannya seperti biaya listrik dan biaya perawatan lainnya. Selain itu, jika penggunaan AC terlalu berlebihan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Tidak mau kan karena penggunaan AC berlebihan membuat badan jadi tidak sehat?

Oleh karena itu, ada beberapa alternatif lain yang dapat Anda lakukan untuk membuat hunian rumah Anda menjadi lebih sejuk. Bagaimana caranya?

Tips Buat Rumah Tampak Lebih Sejuk

1. Matikan Lampu Yang Tidak Terpakai
   saklar lampu

Lampu yang menyala dapat menghantarkan panas walaupun sudah menggunakan teknologi LED. Agar ruangan tetap sejuk dan tidak gerah, maka matikan lampu yang sudah tidak digunakan.

2. Kurangi Menggunakan Peralatan Elektronik
     stop kontak listrik

Selain lampu, penggunaan alat elekronik lainnya juga bisa mengeluarkan suhu panas, seperti televisi, komputer, charger dan lain sebagainya. Anda bisa mencabut kabel dari stop kontak jika sudah selesai menggunakannya, jangan cuman mematikan alatnya saja.

3. Hindari Menggunakan Material Sintetis
   selimut sintetis

Hindari menggunakan material sintetis diarea kamar tidur, karena dapat meningkatkan suhu tubuh dan tidak bisa membuat kulit bernafas dengan lega. Gunakanlah bahan yang terbuat dari katun untuk penggunaan seprei, karpet, gorden dan sarung sofa. Karena bisa menjauhkan kulit lembab dari kepanasan.

4. Tutup Jendela Menggunakan Tirai
     gorden transparan

Cara ini bisa dibilang sangat ampuh untuk membuat ruangan semakin sejuk. Tutup celah masuk sinar matahari dilapisi dengan gorden sebagai filter cahaya.

5. Gunakan Kanopi
    kanopi baja ringan

Selain menanam tumbuhan tinggi diarea pekarangan rumah, kanopi juga bisa menjadi solusi untuk membuat rumah terasa lebih sejuk dan teduh. Pemasangan kanopi yang cukup lebar, dapat meminimalisir cahaya matahari masuk ke dalam rumah secara langsung. Apalagi menggunakan kanopi yang terbuat dari baja ringan. Selain pemasangannya yang mudah, baja ringan sangat kokoh terhadap cuaca ekstrem di Indonesia dan juga anti rayap sehingga bisa dipakai hingga puluhan tahunan lamanya.

Bikin rumah makin nyaman dengan menggunakan kanopi baja ringan, simak selengkapnya di sini.

Penerapan Dalam Pembangunan Rumah

Itu dia 5 tips untuk mengurangi hawa panas pada hunian rumah Anda. Namun, bagi Anda yang sedang membangun rumah tapi ingin rumahnya tetap sejuk, ini dia cara penerapannya dalam pembangunan rumah:

1. Atur Ketinggian Langit – Langit Rumah
    plafon minimalis

Untuk menciptakan ruangan lebih nyaman dan teduh, cara ini paling efektif untuk Anda terapkan. Semakin tinggi langit – langit rumah Anda, maka akan memperlambat udara panas masuk ke dalam ruangan. Mengapa demikian? Karena sinar matahari tidak dapat menembus langsung ke dalam rumah, melainkan melalui dinding rumah kemudian masuk ke dalam rangka – rangka atap. Barulah setelah itu akan diteruskan ke plafon rumah Anda. Apabila langit – langit rumah Anda rendah justru akan terasa sumpek, berbeda dengan langit – langit rumah yang tinggi justru akan menjadikan lebih luas dan sirkulasi udara akan semakin maksimal.

2. Ventilasi Silang
     jendela kaca

Penggunaan ventilasi silang sudah banyak diterapkan pada rumah yang berkonsep tropis. Dengan posisi ventilasi yang saling berhadapan dalam satu ruang membuat rumah terhindar dari suhu panas dan sirkulasi udara di dalamnya akan semakin lancar. Biasanya cara ini banyak digunakan pada rumah – rumah yang memiliki halaman yang cukup luas.

3. Material Penahan Panas
    alumunium peredam panas

Terdapat tiga jenis material penahan panas, yaitu bubble foil, alumunium foil dan glasswool. Biasanya penahan panas ini berbentuk lembaran yang sangat efektif untuk melindungi rumah Anda dari panas. Serta pamasangannya pun juga mudah sehingga tidak perlu membutuhkan banyak tenaga.

Terdapat berbagai cara yang bisa Anda lakukan agar rumah tetap terasa sejuk tanpa harus menggunakan AC setiap saat. Jangan ragu untuk mencoba tips di atas bagi yang sedang membangun rumah atau ingin mengubah rumah menjadi lebih sejuk kembali.

Temukan lebih banyak informasi mengenai produk – produk BLKP dan artikel menarik lainnya yang lebih seru lagi.



Artikel Populer

Your Message Has Been Sent..