KELEBIHAN DAN PERAWATAN TALANG AIR RUMAH DARI BAJA RINGAN

Talang air adalah salah satu bagian penting dari atap rumah. Tanpa adanya talang, air hujan dapat merembes dan membanjiri rumah Anda. Bagian atas rumah Anda juga bisa tergenang karena tidak adanya jalan air.

 

Itulah alasannya, pemilihan jenis talang air harus dipertimbangkan dengan baik dan serius, dari bentuk hingga materialnya. Terlebih saat ini, selain untuk jalannya air, fungsi talang air juga dapat memnampakkan tampilan rumah Anda lebih menarik.

 

Baca Juga : Kenali Talang Air dan Jenis-Jenisnya Disini!

 

 

Sangat pentingnya bagian ini pada atap rumah Anda. Untuk itu, sangat perlu bahan yang kuat dan berkualitas. Salah satunya adalah talang air baja ringan.

 

Anda tidak perlu meragukan talang air dari bahan baja ringan. Kelebihannya tidak perlu disangsikan lagi. Itu sebabnya, sudah banyak rumah atau bangunan yang memilih material ini sebagai kontruksi bangunan, termasuk pembuatan talang air.

 

Lalu, seperti apa talang air baja ringan, pertimbangan hingga bagaimana perawatannya? Berikut penjelasan lengkapnya! 

 

Talang air baja ringan sudah banyak digunakan sebagai pengganti bahan plastik hingga beton. Terbukti mempunyai kekuatan tahan lama dari cuaca hingga benturan.

 

Ini menjadi penting karena sebagai penahan air, talang air harus terbuat dari bahan berkualitas tinggi. 

 

Akan tetapi, untuk Anda yang masih bingung memilih jenis talang air yang pas, ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan. Apa saja? 

 

 

Harga

 

talang air rumah

 

 

Harga tentu menjadi hal penting. Jangan sampai Anda menghabiskan uang namun mendapat bahan yang kualitas rendah.

 

Soal harga, sejatinya harga talang air sangat bervariatif. Disesuaikan dengan bahan yang akan digunakan. Jika Anda memilih baja ringan, mungkin harga akan lebih tinggi namun dengan ketahanan yang lebih dari bahan biasa.

 

Pastikan dan pertimbangkan sesuai kebutuhan Anda ya! 

 

 

Material

 

talang air rumah

 

Yang tak kalah penting adalah penggunaan talang air yang tahan lama. Karena bagian ini menjadi pelindung atap, otomatis akan sering bersinggungan dengan perubahan cuaca, jadi pastikan bahan yang berkualitas ya!

 

Untuk Anda yang menetap di wilayah bercuaca panas sebaiknya gunakan talang air berbahan baja ringan. 

 

 

Estetika

 

talang air rumah

 

Pinterest: archdaily.com.br


 

Jika sebelumnya fungsi talang air hanya untuk menampung air hujan, dewasa ini, sudah berubah. Kini, keindahan eksterior menjadi pertimbangan yang punya rumah. 

 

Bagian ini akan disesuaikan dengan desain rumah, entah bentuk atau warna. Dari segi bentuk dan visual, talang air baja ringan juga menjadi pilihan yang pas untuk bentuk rumah Anda semakin minimalis dan modern. 

 

 

Perawatan Talang Air Baja Ringan

 

Walau memiliki ketahanan besar, apapun jika tidak dirawat dengan baik akan mudah rusak. Nah, untuk material baja ringan, Anda tidak perlu repot. Mengingat bahan ini kuat dari serangan korosp atau karat.

 

Akan tetapi, agar rangka baja ringan yang sudah terpasang tetap bisa bertahan dalam waktu yang lama, Anda bisa melakukan perawatan seperti menjauhkannya dari potongan logam, sampai seperti dedaunan, dan sampah yang kadang bisa bertengger di atas atap, talang, dan jurai.

 

Sangat disarakankan untuk Anda agar melakukan pembersihan sekali setahun pada talang air baja ringan. Bersihkan bagian-bagian rangka atap serta bagian bawahnya. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bahan atau benda asing yang bisa merusak lapisan baja.

 

 

Kesimpulan 

 

Nah, jadi apakah Anda sudah memiliki keinginan untuk beralih mencoba talang air berbahan baja ringan?

 

Semoga informasi menarik seputar artikel di atas dapat menjadi inpirasi Anda dalam menentukan material yang tepat bagi hunian Anda. 

 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Anda bisa memilih produk dengan kualitas terbaik untuk rumah Anda. Selalu gunakan material bahan bangunan seperti material baja ringan dengan mutu terjamin dan dengan kualitas nomor 1. 

 

BLKP selalu siap sedia dalam membantu Anda dengan menghadirkan beragam produk baja ringan yang sudah terbukti berkualitas dengan standarisasi SNI dan juga ISO. 

 

Tertarik dan ingin menghubungi BLKP? Anda bisa klik : Hubungi Kami.



Artikel Populer

Tidak ada artikel popular.
Your Message Has Been Sent..