KENAPA BAJA RINGAN MUDAH DIPASANG DIBANDINGKAN KAYU?

Baja Ringan Mudah Dipasang

Pemakaian rangka baja ringan saat ini sudah menjadi bukti populernya baja ringan dibandingkan dengan rangka kayu dan material lainnya. Alasan mengapa rangka baja ringan makin sering diminati dan paling dicari adalah karena proses pemasangannya yang cepat dibandingkan dengan rangka kayu.

Biasanya pemasangan rangka kayu membutuhkan waktu sekitar 2 minggu. Tapi, itu hanya untuk merangkai bagian rangka atapnya saja ya, belum hal – hal lainnya. Namun, jika menggunakan baja ringan cukup memakan waktu sekitar 3 hari. Cukup efektif bukan?

Tapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi pemasangan rangka baja ringan menjadi cepat? Silahkan simak ulasan di bawah ini:

Faktor Pemasangan Rangka Baja Ringan

  1. Proses Perakitan Cepat

              Kenapa Baja Ringan Mudah Dipasang Dibandingkan Kayu?

Dalam proses perakitan, rangka baja ringan memang terbilang lebih cepat dibandingkan dengan rangka lainnya. Hal ini dikarenakan bobot baja yang ringan dibandingkan dengan kayu dan material lainnya. Sehingga tenaga dan proses pengerjaannya memakan waktu yg lebih singkat.

  1. Pemotongan Baja Ringan

              Kenapa Baja Ringan Mudah Dipasang Dibandingkan Kayu?

Selain proses pemasangan yang cepat, material baja ringan juga mudah dirangkai dan dipotong. Pemotongan material ini, hanya menggunakan gunting khusus baja ringan saja bukan menggunakan gerindra. Dikarenakan alat ini sangat efektif dalam memotong bagian – bagian yang susah dijangkau dan hasil potongannya lebih rapi.

  1. Gambar Kerja

              Kenapa Baja Ringan Mudah Dipasang Dibandingkan Kayu?

Dengan adanya gambar kerja, memudahkan tenaga ahli dalam proses perakitan baja ringan menjadi rangka atap. Sehingga dapat mempersingkat waktu pemasangan rangka atap baja ringan dibandingkan kayu.

  1. Sekrup Khusus

              Kenapa Baja Ringan Mudah Dipasang Dibandingkan Kayu?

Dalam merakit rangka atap baja ringan, tidak boleh menggunakan sekrup asal – asalan. Gunakanlah sekrup khusus baja ringan atau yang biasa disebut dengan self drilling screw. Dikarenakan sekrup ini dapat mengikat rangka satu sama lain dalam waktu 1 – 2 detik disetiap titiknya.

 

Baca Juga : 5 SEKRUP BAJA RINGAN YANG MENJADI ANDALAN

 

Jika dibandingkan dengan material kayu atau material lainnya, memang lebih unggul baja ringan. Pasalnya, pemasangan rangka atap menggunakan baja ringan justru lebih cepat dibandingkan dengan kayu. Dikarenakan baja ringan memiliki bobot yang ringan, pemotongan yang mudah serta memiliki sekrup khusus.

Walaupun proses perakitannya memang cepat, tapi pemasangannya tidak sempurna tetap saja akan meningkatkan risiko atap ambruk juga. Oleh karena itu, pastikan selalu menggunakan baja ringan berkualitas BLKP yang sudah terjamin standarisasinya sesuai SNI dan memiliki garansi.



Your Message Has Been Sent..